Riau

Debit Air PLTA Naik, Kampar Utara Waspada Banjir

Camat Kecamatan Kampar Utara, Fajri Hasbi (Foto: RMC/Ari)
KAMPAR (RIAUMANDIRI.co) - Camat Kecamatan Kampar Utara, Fajri Hasbi mengingatkan warganya untuk lebih ekstra hati-hati dalam menghadapi cuaca hujan yang berdampak terhadap bencana banjir.
 
Hal ini disampaikannya kepada seluruh masyarakat yang berkesempatan hadir pada acara grand opening Toserba dari unit Badan Usaha milik Desa (BUMDes) Purnama Kampar Desa Kampung Panjang Kecamatan Kampar Utara, Rabu (1/3).
 
"Sampai saat ini informasi yang kami terima bahwa debit air di Kawasan Danau PLTA Koto Panjang sudah berada pada ketinggian 78.39 Mpdbl, jika nanti sampai pada ketingian 83 Mpbdl maka pihak PLTA akan melepaskan air," ungkapnya.
 
Camat yang baru saja bertugas di Kecamatan Kampar Utara itu, meminta masyarakat untuk memperhatikan barang-barang perlengkapan rumah. "Agar rendahnya resiko yang terjadi ketika bencana banjir masyarakat harus mengantisipasi dan mempersiapkan diri," ujarnya.
 
Kepada pemerintahan desa Fajri Hasbi meminta untuk dapat menentukan jalur evakuasi dan tempat-tempat yang aman bagi masyarakat bila bencana banjir terjadi.
 
Sementara itu, Kepala Desa Kampung Panjang, Anasril menyebutkan, baru saja ia mendapat informasi dari pihak PLTA bahwa air di Waduk PLTA Koto Panjang berada pada angka 80 Mpbdl.
 
"3 jam yang lalu kita mendapat telephone dari pihak PLTA bahwa air danau PLTA sebelumnya 78 dan hari ini menjadi 80 Mpbdl, meskipun demikian angka itu tetap aman namun masyarakat kita himbau agar tetap waspada," jelasnya.
 
Dilanjutkannya, jalur dan tempat evakuasi bencana banjir adalah lokasi yang aman dan tinggi, yakni berada di Air Tiris.
 
"Ada sekitar 60 rumah yang rentan banjir dan sejauh ini tempat yang aman dan jauh dari jangkauan luapan air banjir, berada di Air Tiris untuk tempat kebanyakan warga menginap di rumah keluarga, meskipun demikian kita akan tetap mengusahakan tempat pengungsian," imbuh Anasril.
 
Baca juga di Koran Haluan Riau edisi 03 Maret 2017
 
Reporter: Ari Amrizal
Editor: Nandra F Piliang


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar