Tips & Kesehatan

Efek Buruk Tidur Lebih Dari 8 Jam

RIAUMANDIRI.co - Segala sesuatu yang berlebihan tentu tak akan memberi efek positif termasuk tidur yang over dosis. Idealnya manusia butuh tidur selama 8 jam per hari untuk mengembalikan kesegaran dan kondisi fit tubuh.
 
Apabila lebih dari 8 jam per hari Anda tidur dan itu dilakukan sering kali, maka ada beberapa efek buruk yang akan terasa pada tubuh. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Boston mengungkap apa saja kemungkinan buruk yang bakal terjadi pada kesehatan Anda.
 
berikut dampak buruk dari tidur yang berlebihan:
 
Diabetes
Penyakit kadar gula darah tinggi atau diabetes ini adalah salah satu dampak dari tidur berlebih, dan juga kurang tidur. Umumnya yang akan timbul adalah diabetes tipe dua, dengan gejala kerap mengalami sleep apnea atau pernapasan terganggu dan mendengkur.
 
Obesitas
Penelitian menemukan bahwa kemungkinan seseorang mengidap diabetes akan naik 21 persen jika tidur lebih dari sembilan jam per hari. Namun ini juga dipengaruhi oleh faktor asupan makanan.
 
Pusing
Sakit kepala merupakan efek paling banyak dialami oleh mereka yang tidur berlebihan. Menurut ilmuwan, ini karena sel saraf yang membawa neuron pada otak terganggu. Tak hanya sakit kepala, Anda juga bisa mengalami kerusakan memori otak.
 
Sakit punggung
Ini terjadi akibat posisi tidur salah, kasur yang tidak ideal lagi bentuknya, dan berbagai faktor teknis lain. Faktor gravitasi juga berpengaruh, sebab idealnya manusia beraktifitas untuk membuat tulang jadi lebih sehat.
 
Depresi
Overdosis tidur pun memicu depresi. Sama seperti jika Anda kurang tidur. Kondisi tersebut bisa merembet pada imunitas menurun, hilangnya nafsu makan, sakit jantung, dan lainnya. Semoga bermanfaat.(sc/lin)




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar