Riau

Miliki Saham di Pabrik Sawit, Pengurus Sukses Majukan KUD Langgeng

Pengurus KUD Langgeng,Wakil ketua Kirdi dan Bendahara Rusdi, di Ruangan kerjanya (Foto: RMC/Wan)
TELUK KUANTAN (RIAUMANDIRI.co) - Tak mudah membangun dan mengembangkan Koperasi Unit Desa (KUD) hingga sukses. Namun, ini dibuktikan pengurus KUD Langgeng, Desa Marsawa, Kecamatan Sentajo Raya, Kabupaten Kuantan Singingi.
 
Terobosan dan pola kepengurusan oleh sejumlah pengurus KUD Langgeng tentu tidak bisa diabaikan begitu saja.
 
Strategi apa yang diterapkan dan bagaimana usaha koperasi dijalankan sehingga mampu berkembang pesat, terutama tiga tahun terakhir, seperti dituturkan Wakil Ketua II KUD Langgeng, Kirdi kepada riaumandiri.co, baru baru ini.
 
Diungkapkannya, KUD Langgeng didirikan oleh masyarakat Desa Marsawa, yang merupakan desa ex transmisgrasi. Sejak dirinya masuk menjadi pengurus KUD beberapa tahun lalu, aset KUD belum begitu menggembirakan.
 
"Sekarang KUD sudah punya saham di pabrik kelapa sawit dengan memiliki aset sekitar puluhan miliar lebih," sebut Kirdi.
 
Dulu, kantor yang ditempati hanya sebuah bangunan papan beratap seng sederhana. Kini bangunan kantor KUD yang beranggotakan ribuan orang itu sudah berubah total, gedung megah berlantai dua dengan beberapa ruangan lengkap dengan perabotannya tertata rapi.
 
"Tentunya kami mengucapkan terimakasih kepada karyawan, anggota koperasi dan masyarakat yang mendukung serta memberikan kepercayaan. Tanpa mereka, kami tidak akan bisa seperti sekarang," tandas Kirdi yang didampingi Bendahara KUD Langgeng, H. Rusdi.
 
Beberapa prestasi sudah ditorehkan oleh KUD Langgeng, yakni tiga tahun berturut-turut mendapatkan penghargaan dari Kementerian Keuangan sebagai KUD berprestasi tingkat nasional atas ketaatan pembayaran pajak dan KUD penyumbang pajak terbesar. KUD Langgeng merupakan mitra kerja PT. Citra Riau Sarana (CSR).
 
Baca juga di Koran Haluan Riau edisi 14 Juni 2017
 
Reporter: Hendra Wandi
Editor: Nandra F Piliang


[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar