Pangeran William

Lakukan Diplomasi Sepak Bola di Cina

Pangeran William melakukan diplomasi olahraga di Cina

 SHANGHAI (HR)- Pangeran William melakukan diplomasi olahraga di Cina, Selasa (3/3). Dia masuk ke lapangan sepakbola di sebuah sekolah di Shanghai.
William, mengenakan setelan biru gelap, menghentikan bola yang menggelinding. Mengetuknya dua kali dengan sepatu hitamnya  sebelum menendang bola masuk ke hamparan rumput buatan.
Kunjungan William ke Cina menjadikannya sebagai tamu tertinggi dari kerajaan Inggris sejak kunjungan Ratu Elizabeth II pada 1986. Kunjungan suami Kate Middleton tersebut tersirat sebagai upaya Inggris memperbaiki hubungan diplomatik dengan Cina.
"Saya tahu anda seorang penggemar sepakbola," ujar William saat bertemu Presiden Xi Jinping, Senin (2/3).
Media pemerintah menyebut Xi sebagai penggemar berat sepakbola. Tahun lalu ia merekomendasikan semua anak di Cina belajar permainan itu.
William yang merupakan pendukung Aston Villa sempat berbincang dengan beberapa pelajar yang ambil bagian dalam klinik sepakbola di sekolah menengah Nanyang. Klinik sepakbola itu merupakan bagian dari program yang dilakukan British Council dan Liga Primer.
Siswa sekolah dasar Li Ziyu (11 tahun) melakukan tos dengan William dan mengatakan ia sangat antusias dengan permainan itu. "Saya sudah bermain sejak kecil," katanya.
Tim nasional Cina memiliki sejarah penampilan buruk. Pekan lalu, pemerintah mengungkapkan inisiatif meningkatkan performa pemain, diantaranya dengan memupuk bakat-bakat muda.(rol/ivi)


[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar