Pekanbaru

Unilak, PTS Pertama Gunakan Sistem PIN di Kopertis X

Penyerahan nomor PIN oleh admin PD Dikti Unilak kepada Wakil Rektor 1 Dr Junaidi, MHum.
RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Kabar gembira bagi wisudawan Universitas Lancang Kuning (Unilak). Pasalnya, Unilak menjadi perguruan tinggi pertama di Kopertis Wilayah X yang menerapkan sistem Penomoran Ijazah Nasional (PIN). Kopertis Wilayah X ini meliputi empat provinsi, yakni, Jambi, Sumbar, Riau dan Kepri, dengan menaungi 247 PTS. 
 
Sistem Penomoran Ijazah Nasional (PIN) ini merupakan sistem yang diterapkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) yang bertujuan mengatasi kasus ijazah palsu. Artinya, ijazah yang dikeluarkan Unilak telah terdata di Forlap Dikti.
 
Hal ini langsung disampaikan oleh Wakil Rektor 1 Unilak Dr Junaidi, MHum saat hadir dalam acara penyerahan secara simbolis PIN dari admin PD Dikti Unilak, Rabu (11/4/2018).
 
Dr Junaidi, MHum mengatakan, wisuda Unilak yang akan dilaksanakan 28 April 2018 ini menggunakan Penomoran Ijazah Nasional.
 
“Ini bentuk komitmen Unilak dalam menjalankan program Dikti. PIN dirancang oleh Dikti untuk mencegah pemalsuan ijazah. Bagi masyarakat yang kuliah di Unilak, ijazahnya telah dijamin keabsahannya oleh Dikti,” ujar Junaidi.
 
Sementara itu Kepala Biro Akademis Unilak Silm Oktapani, SH, MH menegaskan, dengan adanya sistem Penomoran Ijazah Nasional ini masyarakat juga dapat melihat keabsahan data ijazah di Forlap Dikti.
 
“Jadi masyarakat bisa tahu dan melihat langsung bahwa wisudawan dari Unilak terjamin dan terdaftar di Forlap Dikti. Ini sebagai bentuk peningkatan kualitas sistem informasi di Unilak yang dengan cepat mengikuti peraturan dari Kemenristek Dikti,” katanya.
 
Acara ini diakhiri dengan penyerahan nomor PIN oleh admin PD Dikti Unilak kepada Wakil Rektor 1 Dr Junaidi, MHum. (rls)
 
Editor : Rico Mardianto


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar