Pilkada

Cagub Riau Nomor 4 Siapkan Rp1 Triliun untuk Riau Bebas Rentenir

Cagubr Riau Andi Rachman saat kampanye dialogis di Desa Langkan, Kecamatan Langgam, Pelalawan, Rabu (11/4/2018).
RIAUMANDIRI.CO, LANGGAM - Calon Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menginginkan pertumbuhan ekonomi desa di Riau menggeliat. Untuk itu, ia dan pasangannya sudah menyiapkan anggaran Rp1 triliun untuk mengembangkan Badan Usaha Milik (BUMDes) di Riau sebagai salah satu penggerak pertumbuhan ekonomi di pedesaan. 
 
Hal tersebut disampaikan pria yang akrab dipanggil Andi Rachman saat kampanye dialogis di Desa Langkan, Kecamatan Langgam, Pelalawan, Rabu (11/4/2018). 
 
Menurut Andi Rachman seminggu sebelum cuti kampanye, ia sudah menandatangi MoU dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka bersama-sama memerangi rentenir di seluruh pelosok desa di Riau. 
 
Andi mengatakan, ia dan pasangannya Suyatno kemudian berkomitmen menganggarkan Rp200 miliar per tahun dari APBD Riau untuk menghadirkan BUMdes di seluruh desa di Riau. Dengan kata lain, satu desa satu BUMDes. 
 
Saat ini, dari 1.592 desa yang ada di Riau, sebanyak 800 di antaranya sudah memiliki BUMDes. Sisanya, 792 desa lagi, lanjut Andi Rachman, akan dituntaskan pendirian BUMDes-nya pada periode kedua kepemimpinannya menjadi Gubernur Riau 2019-2024. 
 
"BUMDes ini kan salah satu unit usahanya simpan pinjam. Nah, unit usaha ini lah yang kita harapkan dapat menjadi 'pembunuh' rentenir di desa-desa karena menawarkan bunga lebih rendah," ujarnya. 
 
Jadi, lanjutnya pelembagaan Unit Ekonomi Desa Simpan Pinjam menjadi BUMDes ini akan terus dipacu. Termasuk di Desa Langkan yang belum terbentuk BUMDes-nya.
 
"Saya dorong bapak-bapak dan ibu-ibu segera dirikan BUMDes. Kalau pingin belajar mengembangkan usaha bisa ke provinsi, di sana ada BUMDes Center. Contoh-contoh BUMDes berhasil juga sudah banyak," ujarnya. (rls)
 
 
Editor: Rico Mardianto




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar