Olahraga

Keok 1-3 dari Juventus, Madrid Tetap Lolos ke Semifinal

Protes keras dari para pemain Juventus kepada wasit.
RIAUMANDIRI.CO, JAKARTA - Juventus gagal melanjutkan langkahnya ke semifinal Liga Champions. Kendati menang 1-3 ketika bertandang ke Santiago Bernabeu pada Kamis (12/4/2018) dini hari, Juventus kalah agregat 4-3 dari Real Madrid.
 
Publik Santiago Bernabeu sempat dikejutkan oleh gol cepat Mandzukic ketika laga baru berjalan dua menit. Berawal dari serangan dari sisi kiri lini pertahanan Madrid, gelandang Juventus Sami Khedira berhasil mengumpan bola ke tengah. Mandzukic yang tak terkawal segera menanduk bola dan tak berhasil dihalau penjaga gawang Madrid Keylor Navas. 0-1 untuk Juventus.
 
Juventus hampir menambah keunggulannya di menit keenam. Kali ini Douglas Costa yang bergerak dari sisi kiri pertahanan Madrid dan melepaskan umpan datar ke lini tengah pertahanan Madrid. Umpan tersebut berhasil dipatahkan oleh Navas. Bola yang masih bergulir liar hampir saja disambar oleh Mandzukic.
 
Madrid yang tertekan mencoba membuka serangan. Bomber Madrid Gareth Bale hampir saja menyamakan kedudukan melalui aksi backheel-nya. Namun sayang bola masih sedikit melebar di sisi kiri gawang Gianluigi Buffon.
 
Peluang emas kembali diciptakan Madrid pada menit ke-33. Ronaldo, setelah menerima umpan dari Bale, memberikan true pass kepada Isco di sisi kanan pertahanan Juventus. Isco berhasil melepaskan tembakan, namun masih mampu ditepis oleh Buffon.
 
Alih-alih ingin memperlebar agregat, Madrid justru kembali kebobolan pada menit ke-36. Hampir serupa dengan gol pertama, gol kedua Juventus dilesatkan melalui tandukan kepala Mandzukic yang menerima umpan lambung Lichtsteiner dari sisi kiri pertahanan Madrid. Tandukan tersebut tak mampu ditepis Navas. 0-2 untuk keunggulan Juventus.Hingga turun minum, tak ada gol lagi tercipta.
 
Memasuki babak kedua Juventus mencoba menambah pundi-pundi golnya. Pada menit ke-58, Juventus hampir menambah keunggulannya melalui sepakan keras Higuain. Namun Navas masih berhasil menepis lesatan bola.
 
Dua menit kemudian, yakni menit ke-60, Madrid harus memungut bola untuk ketiga kalinya dari jala gawang. Douglas Costa melepaskan umpan tarik dari sisi kiri lapangan ke lini pertahanan Madrid. Navas berupaya mengamankan bola, namun terlepas. Bola yang bergulir perlahan ke arah gawang Madrid kemudian disambar oleh Matuidi. Skor pun berubah 0-3 untuk keunggulan Juventus.
 
Gol Matuidi sekaligus menyamakan agregat menjadi 3-3. Asa Juventus untuk melangkah ke babak semifinal pun kembali terbuka. Madrid hampir memperkecil keadaan pada menit ke-77. Kali ini Isco yang melepaskan tembakan ke gawang Juventus. Namun Buffon masih mampu menepisnya dan hanya membuahkan sepakan pojok bagi Madrid.
 
Menjelang akhir laga, yakni pada menit ke-90+3, petaka pun menghampiri Juventus ketika Madrid mendapat hadiah penalti setelah Lucas Vasquez dilanggar Benatia. Keputusan wasit sempat diprotes oleh seluruh pemain Juventus, termasuk kapten sekaligus penjaga gawang Buffon. Karena dianggap terlalu keras memprotes, wasit kemudian mengganjar Buffon dengan kartu merah.
 
Allgeri pun menarik Higuan dan memasukkan Szczesny untuk menggantikan peran Buffon di bawah mistar gawang. Adapun penalti dieksekusi oleh Ronaldo. Bola yang diarahkan ke sisi kiri atas gawang tak mampu dihalau oleh Szczesny. Skor pun berubah menjadi 1-3.
 
Tak lama setelah eksekusi penalti, pertandingan pun berakhir. Walaupun kalah 1-3, Madrid tetap melenggang ke babak semifinal karena unggul agregat 4-3. ***
 
Sumber : Republika.co.id


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar