Riau

Bupati Bengkalis: Sukseskan Program Magrib Mengaji

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin bersama Sekda H Bustami HY dan sejumlah pejabat menekan sirena tanda dibukanya MTQ ke-29 Tingkat Kecamatan Bukit Batu, Minggu (15/4/2018) malam.
RIAUMANDIRI.CO, BENGKALIS - Sejak 2011 Pemerintah Kabupaten Bengkalis telah mencanangkan Program Magrib Mengaji. Karenanya, Bupati Amril Mukminin kembali mengajak umat Islam khususnya di Kecamatan Bukit Batu, untuk mendukung dan mensukseskan program tersebut.
 
“Program ini tidak akan pernah berhasil tanpa adanya dukungan dari semua pihak, terutama dari para orangtua, karena orang tua adalah tiang utama yang akan menjalankannya,” ujar Bupati Amril saat membuka MTQ ke-29 Tingkat Kecamatan Bukit Batu, Minggu (15/4/ 2018).
 
Menurut Bupati, jika orangtua mampu menjadikan Magrib Mengaji sebagai budaya di lingkungan keluarga, akan lahir generasi penerus Islam yang berkualitas dan mampu menjawab tantangan zaman.
 
“Mari kita ajak dan bimbing anak-anak dan para remaja di lingkungan kita agar mereka senantiasa membudayakan kebiasaan Magrib Mengaji, baik di rumah, mushla dan di Masjid,” ajaknya penuh harap.
 
Menurutnya, peran orangtua sangat dominan terhadap kecerdasan, akhlak dan pengembangan potensi anak.
 
“Di era globalisasi saat ini untuk menangkis berbagai macam pengaruh eksternal maupun internal yang berpotensi mempengaruhi mindset anak-anak kita, kuncinya ada pada orang tua, kita harus membekali putra-putri dengan Alquran dan Sunah Rasulullah SAW,” jelasnya.
 
Bupati Amril sangat prihatin melihat generasi penerus lebih mencintai dan mempelajari gadget ketimbang mempelajari dan memahami Alquran. 
 
“Jangan sampai anak-anak kita tidak tahu baca tulis Al-Qur’an akibat telalu sering bermain handphone, harapan kami dengan terlaksananya MTQ ini menjadi azam di dalam hati bapak dan ibu untuk lebih menanamkan ilmu agama kepada anak-anak kita,” pintanya.
 
259 Peserta
 
MTQ Tingkat Kecamatan Bukit Batu diikuti sebanyak 259 orang peserta, yang akan saling unjuk kebolehan untuk menjadi yang terbaik  hingga 21 April mendatang. Ketua Panitia, Jaafar menjelaskan, MTQ ditujukan untuk mengembangkan pemahaman dan pengamalan isi kandungan Alquran.
 
“Disamping untuk mengembangkan dan mengamalkan Al-Qur’an, MTQ ini merupakan proses seleksi di tingkat kecamatan yang nantinya akan diikutsertakan pada seleksi tingkat kabupaten,” jelas suami dari Nurmalasari itu.
 
Enam cabang yang diperlombakan pada MTQ ke-29 tingkat Kecamatan Bukit Batu meliputi Cabang Tilawah Quran diikuti 76 orang peserta, Cabang Fahmil Quran diikuti 47orang. Kemudian Cabang Syahril Qur’an diikuti 57 orang peserta, Cabang Khatil Qur’an 44 orang, Cabang Hifdzil Qur’an 23 orang, dan Cabang MMQ diikuti 12 orang.
 
Ja’afar berharap kepada masyarakat untuk mensukseskan acara dengan turut menyaksikan cabang-cabang yang diperlombakan sampai pada pengumuman pemenang. “Kami panitia mengharapkan kepada hadirin sekalian untuk menyaksikan acara ini sampai selesai dan akan dilanjutkan besok hingga penutupan serta pengumuman pemenang insyaAllah akan dilakukan pada tanggal 21 April 2018,” pintanya.
 
Pada kesempatan itu, juga dilakukan pembukaan bazar oleh Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni. Turut hadir Sekretaris Daerah, Bustami HY beserta isteri serta sejumlah Kepala Organiasi Perangkat Daerah di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis.
 
 
Reporter: Usman
Editor: Rico Mardianto
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar