Pekanbaru

Bupati Rohul dan Rektor UIR Teken MoU Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat

Bupati Rokan Hulu Sukiman dan Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi, SH, MCL menandatangani MoU Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat.
RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Bupati Rokan Hulu Sukiman dan Rektor Universitas Islam Riau Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL menandatangani memorandum of understanding (MoU) atau nota kesepahaman terkait pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, Selasa (17/4/2018) sore.
 
Turut hadir dalam acara yang dilaksanakan di ruang pertemuan lantai II Gedung Rektorat Kampus UIR Perhentian Marpoyan Pekanbaru, Sekretaris Daerah Kab. Rohul Damri Harun, Asisten I Sekdakab Rohul H. Juni Syafri, Wakil Rektor I Dr H Syafhendry, M.Si, Wakil Rektor II Ir H. Asrol, M.Ec, Wakil Rektor III Ir H. Rosyadi, M.Si, Zakir Has, SH, M.Pd (Kepala Biro Administrasi Umum dan Personalia), Azwirman, SE, M.Acc (Karo Keuangan),  Akmar Efendi, SKom, M Kom (Karo Administrasi Akademis Kemahasiswaan), Dr Ardiansyah, SH, MH Kepala Badan Hukum dan Etik, 
 
Selanjutnya Kepala Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat Dr. Evizal Abdul Kadir, Kepala Lembaga Penjamin Mutu, Dr. Ir. Agusnimar, Dekan Fak. Hukum Dr. Admiral, Dekan Fak. Pertanian Dr. Ujang Paman, Dekan Fak. Teknik Ir. Abdul Kudus, Dekan FKIP Drs. Alzaber, Dekan Fak. Agama Islam Dr. Zulkifli Rusby MM, ME, Sy, Direktur Pascasarja Dr. Ir. Saipul Bahri, Kepala LDIK Dr. H. Zulhelmy, Kepala Urusan International dan Kerjasama Dr. Husnul Kausarian.
 
Bupati Rokan Hulu Sukiman bersalaman dengan Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi, SH, MCL, usai meneken MoU.
 
Bupati Rokan Hulu Sukiman menyatakan, rasa kagum dan bangganya atas perkembangan Universitas Islam Riau. Ia mengaku telah mengenal UIR sejak lama karena pernah bertugas sebagai Dandim di Kabupaten Kampar. 
 
''Dulu tempat ini masuk wilayah pengamanan saya. Tapi kondisinya belum seperti sekarang,'' tegas Sukiman seakan bernostalgia dengan masa lalunya.
 
Kini, lanjut Sukiman, UIR sudah berkembang pesat. Tampil menjadi universitas islam terkemuka. Memiliki banyak profesor dan doktor yang ahli di bidangnya. Dengan jumlah mahasiswa lebih dari 27 ribu, kata Sukiman, UIR bakal lebih maju dan berkembang lagi. 
 
''Melihat perkembangan UIR, kami terdorong untuk bekerjasama dengan UIR baik di bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat. Tindak lanjut atas kerjasama ini secara tehnis akan dibahas oleh tim dari masing-masing pihak,'' ungkap Sukiman. 
 
Sebagai universitas tertua dan terbesar, Sukiman menambahkan, UIR memiliki sumber daya yang berkualitas untuk membantu Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu menyelesaikan problem pembangunan. Baik menyangkut tapal batas antardesa, antarkecamatan, pengembangan pedesaan maupun masalah-masalah lain seperti parancangan peraturan daerah. 
 
''Nanti sambil berjalan akan kita kaji secara mendalam apa saja item-item yang perlu pemikiran dari Civitas Akademika UIR,'' tambah Sukiman.
 
Rektor UIR Prof. Syafrinaldi menekankan hal serupa. Disamping mengapresiasi kebijakan Bupati Rokan Hulu bekerjasama dengan UIR, ia juga memuji perkembangan Rohul sejak dimekarkan menjadi daerah otonom. 
 
''Kerjasama UIR-Pemkab Rohul sudah terjalin ketika Ramlan Zas menjadi bupati. Sampai sekarang kerja sama ini dilanjutkan oleh Bupati Sukiman," ujar Syafrinaldi.
 
''Sebagai akademisi kita punya tanggung jawab membantu bupati mensuskseskan pembangunan di Rokan Hulu. Tentu melalui kajian-kajian ilmiah yang dilakukan oleh para dosen-dosen UIR,'' kata Rektor. (rls)
 
 
Editor: Rico Mardianto


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar