Pekanbaru

Soal Fasilitas untuk Penceramah, Ini Kata Ketua MUI Riau

Ketua MUI Riau, Nazir Karim
RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Terkait pertanyaan seorang jamaah pada pengajian Ustaz Abdul Somad (UAS) tentang penyediaan fasilitas penginapan dan transportasi kepada penceramah, Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Riau, Prof Dr Nazir Karim, MA mengatakan hal itu itu tidak perlu dipermasalahkan.
 
“Kalau ditetapkan (kelasnya) itu yang bermasalah,” kata Nazir menanggapi hal itu, Senin (16/04/2018) kemarin di kampus UIN Suska Riau.
 
Nazir mengatakan tampat penginapan bagi seorang penceramah tergantung kesepakatan dengan pihak yang mengundang. “Boleh di rumah masyarakat. Tak harus di hotel bintang lima pula,” katanya.
 
Mengenai transportasi ke daerah tempat ustaz ceramah, kata Nazir, tentu tidak mungkin ditanggung sendiri oleh sang ustaz, apalagi bila jaraknya jauh. Dalam hal ini tidak jadi masalah sang ustaz membuat perjanjian terlebih dahulu dengan pihak yang mengundang. “Kalau tak disepakati akan jadi masalah juga,” ujar mantan Rektor UIN Suska Riau ini.
 
Ustaz Abdul Somad beberapa hari lalu mengklarifikasi di akun media sosial Facebook dan Instagram miliknya terkait isu yang menyebut dirinya menentukan tarif ceramah dan fasilitas serta adanya pihak-pihak yang mengatasnamakan manajemen UAS. Berikut klarifikasi Ustaz Abdul Somad;
 
Assalamualaikum, Ustadz Abdul Somad
Tidak pernah minta fasilitas tiket kelas bisnis
Tidak pernah minta penginapan hotel bintang lima
Tidak pernah menetapkan nominal honor
Tidak pernah minta DP
Hanya satu kontak melalui Ustadz Muhammad Hidayat dari Tim Tafaqquh
Bila ada yang meminta macam-macam dapat dipastikan penipu.
Medan, 
28 Rajab 1439
14 April 2018 
 
 
Kontributor: Kiki Mardianti
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar