Riau

Memprihatinkan, Jalan Lintas Tambusai Utara Butuh Perhatian Pemprov Riau

Imran Tambusai
RIAUMANDIRI.CO, ROKAN HULU - Kondisi Jalan Lintas Rantau Kasai, Kecamatan Tambusai Utara sampai daerah Mahato, Kabupaten Rokan Hulu, sangat memprihatinkan. Jalan ini merupakan urat nadi ekonomi masyarakat sekitar untuk membawa hasil pertaniannya berupa sawit dan karet.
 
Jalan lintas Tambusai Utara sampai Mahato ini harus menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Riau melalui dinas terkait untuk diperbaiki dan dibangun berupa pengaspalan yang lebih kurang 19 km lagi yang kondisinya sangat memprihatinkan.
 
Pantauan di lapangan, jalan tersebut di saat musim panas berdebu baik di siang hari maupun malam hari. Jika musim hujan kondisinya sangat parah, berlumpur dan berlubang yang sangat dalam. Informasi dari masyarakat setempat, sudah banyak terjadi kecelakaan dan mobil yang terbalik dan menimbulkan kemacetan yang panjang dan berjam-jam.
 
Terlihat sebuah truk terbalik di Jalan Lntas Tambusai Utara yang berlumpur dan banya dilewati truk bertonase tinggi.
 
Begitu banyak masyarakat dan mahasiswa Tambusai Utara menyampaikan hal ini karena dari zaman orde baru sampai saat ini kondisi jalan Tambusai belum juga selesai pengaspalannya. Malah kerusakannya tambah parah karena selalu dilewati mobil bertonase tinggi dan muatan mobil perusahaan yang mengangkut sawit yang berlebihan.
 
"Jangan hanya janji-janji ketika pilkada, semua menjanjikan akan dan akan memperbaiki kondisi jalan ini. Sudah terlalu lama masyarakat Tambusai Utara dan Mahato mendambakan jalan yang diaspal ini. Sangat ironis rasanya negeri yang katanya di atas minyak dan di bawah minyak jalan-jalan poros utama saja tak terselesaikan," ungkap Imran Tambusai, SE, MM, tokoh muda Rokan Hulu yang juga berasal dari Tambusai Utara, Sabtu (21/4/2018). 
 
Sebuah truk bermuatan CPO terperosok di malam hari saat melewati Jalan Lintas Tambusai Utara yang berlubang dan berlumpur.
 
Imran yang juga Ketua LSM Rokan Hulu Bumi Lestari ini mengaku miris dan prihatin melihat kondisi jalan lintas Tambusai Utara-Mahato ini. "Oleh karena itu kita minta keseriusan Pemprov Riau untuk memperbaiki jalan ini. Karena kalau ini dibiarkan terus-menerus akan menghambat perekonomian masyarakat Tambusai Utara yang merupakan daerah penghasil sawit terbesar di Rokan Hulu," tegas mahasiswa S3 Ekonomi Pembangunan ini.
 
Lebih lanjut dikatakan Pembina Pemuda Pelajar dan Mahasiswa Rohul di Pekanbaru ini, sebagai daerah penyumbang CPO terbesar di Rokan Hulu tentu masyarakat berharap banyak jalan ini cepat diperbaiki karena jalan ini menghubungkan berbagai desa di Tambusai Utara dan bahkan menghubungkan Riau dengan Sumatera Utara yang potensi perekonomiannya yang sangat luar biasa.
 
"Kita akan memantau dan menunggu action dari Pemprov untuk memperbaiki jalan ini dalam waktu dekat. Kami masyarakat Tambusai Utara bersama perusahaan yang ada siap memperbaiki jalan ini dengan peralatan seadanya dan ini hanya perbaikan sementara," ujarnya. (rls)
 
Editor : Nandra F Piliang


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar