Riau

Peni Herawati Sukiman Bicara Tentang Kartini dan Peran Perempuan

Peni Herawati Sukiman berbincang dengan narasumber lainnya tentang Kartini di studio Radio Swara Lima Luhak, Rokan Hulu.
RIAUMANDIRI.CO, PASIR PENGARAIAN - Memperingati hari Kartini, Ketua TP PKK Rokan Hulu Peni Herawati Sukiman didampingi Bupati Sukiman menghadiri sejumlah kegiatan talkshow di Lembaga Penyiaran Publik Lokal (LPPL) milik Pemerintah Kabupaten Rohul, yakni Radio Swara Lima Luhak, Sabtu (21/4/2018).
 
Rombongan Ketua TP PKK Rohul tiba di studio Radio Swara Lima Luhak disambut langsung Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Rohul, Gorneng diwakili Sekretaris Diskominfo Rohul Zulfikri, bersama Kabid e-government M Yudi Arfian dan kru radio Swara Lima Luhak Rohul.
 
Dalam talshow itu, Ketua TP-PKK Rohul dipandu oleh Ermayani Sitanggan. Dalam talkshow tersebut, turut hadir Kepala SMP LPMD Nurbaiti sebagai perempuan penggiat pendidikan yang menjadi sosok inspirasi bagi kaum prempuan.
 
Ketua TP PKK Rokan Hulu Peni Herawati Sukiman menyampaikan bahwa memperingati hari Kartini sangat penting karena jasa-jasa Kartini sebagai seorang wanita berpengaruh dalam sejarah Indonesia. Juga Kartini sebagai sebagai motivasi bagi kaum perempuan untuk terus berjuang dan berkarya.
 
“Kita, selain merayakan ulang tahun Kartini, diharapkan 21 April ini juga sebagai penghargaan terhadap perjuangan perempuan untuk mendapatkan hak-hak mereka dalam masyarakat Indonesia," ujarnya.
 
"Perjuangan Ibu Kartini tidak bisa kita pungkiri karena Kartini telah membuka sejumlah pintu bagi perempuan untuk mendapat pendidikan dan hak-hak wanita lainnya,” lanjut Peni.
 
Menurutnya, perempuan Indonesia dan Rohul khususnya sudah banyak menjadi orang-orang hebat dan berada pada posisi-posisi strategis di pemerintah, swasta dan akademisi maupun tokoh-tokoh agama.
 
Namun, meskipun perempuan suskes dalam melaksanakan perannya, lanjut dia, tapi perempuan harus menjalankan peran sebagai istri dan ibu bagi anak-anak dengan baik. Hal itu dilakukan dengan cara menjaga kualitas komunikasi dengan anggota keluarga. Justru itu, menurut dia ibu harus bisa membagi waktu untuk menjaga keharmonisan rumah tangga.
 
“Emansipasi perempuan di Rohul saat ini sudah lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya. Hal itu terbukti dari banyaknya perempuan Rohul terjun di kancah politik, di akademisi, pemerintah, wirausaha dan swasta," katanya. 
 
Di akhir talkshow, Ketua TP-PKK Rohul ini mengimbau perempuan Rohul, agar terus berjuang dan berkarya dengan mengejar cita-cita dan impian sesuai dengan potensi yang dimiliki.
 
“Dalam momentum Hari Kartini ini, bagi kaum perempuan di Rohul untuk tetap semangat dalam meningkatkan emansipasi wanita dengan tidak mengesampingkan kaidah-kaidah yang sudah ditetapkan dalam ajaran agama. Semoga makna Kartini di tahun ini dan tahun-tahun mendatang bukan sekedar memperingati dengan kegiatan-kegiatan tapi muncul kartini-kartini baru yang melegenda seperti Ibu Kartini,” harapnya.
 
 
Reporter: Agustian
Editor: Rico Mardianto


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar