Tips & Kesehatan

10 Bisnis Paling Menjanjikan Hingga Tahun 2020

RIAUMANDIRI.CO, JAKARTA - Membuka bisnis yang bertahan lama tentu diinginkan setiap orang. Suatu bisnis dapat dikatakan sebagai bisnis yang menjanjikan apabila bisnis tersebut paling tidak dapat bertahan selama beberapa tahun mendatang.
 
Setiap masa mempunyai tren bisnis yang cenderung berubah. Suatu bisnis yang menjamur di masa lalu belum tentu menjadi tren di masa kini. Tren bisnis akan senantiasa berubah, karena itu kita harus pintar menyiasatinya dengan membaca sejumlah bisnis untuk beberapa tahun kemudian akan ngetren. Jika tidak, kemungkinan gagal akan semakin besar. Kita harus selalu bertanya, What Business is more prospective?
 
Dalam kesempatan ini akan diuraikan bisnis-bisnis paling prospek sampai sepuluh tahun mendatang. Tentunya bisnis yang dijabarkan sudah mempertimbangkan segala kondisi dan situasi yang berkembang selama beberapa tahun mendatang. Kondisi dan situasi yang dimaksud adalah perubahan di bidang politik, ekonomi, sosial budaya, pola pikir, maupun di bidang teknologi lainnya. 
 
Berdasarkan buku 10 Bisnis Paling prospektif 2010-2020 karya Raihana Salsabila, ada 10 Bisnis Berbasis Internet dan Sistem Komputer dan Jasa yang menjanjikan keuntungan, berikut rinciannya:
 
1. Bisnis Berbasis Internet
 
Berdasarkan data terkini bisnis internet menurut IDC (Internetindo Data Centra Indonesia), ada sekitar 196 juta pengguna Internet di seluruh dunia sampai akhir tahun 1999. Pada tahun 2003 jumlahnya meningkat menjadi 502 juta pengguna. Pada tahun 2005 meningkat lagi sebanyak 1 miliar penduduk. Dari data tersebut mengalami peningkatan yang cukup menakjubkan.
 
2. Warung Internet (Warnet)
 
Tidak semua orang memiliki fasilitas modern atau jaringan internet di rumah. Ada juga yang membutuhkan internet, tetapi hanya untuk jangka waktu tertentu saja, misalnya para mahasiswa atau pelajar. Dewasa ini, mahasiswa dan pelajar membutuhkan internet untuk mencari bahan tugasnya atau sekadar untuk mencari informasi tertentu.
 
Bermacam informasi bisa diakses melalui internet. Namun masalahnya, tidak semua orang mempunyai akses internet. Maka, hadirilah warung internet (warnet) sebagai problem slover atau alternatif pemecahan masalah tersebut. Sekarang bisa kita lihat berbagai usaha warung internet menjamur di mana-mana. Warnet semakin bisa menjadi salah satu alternatif usaha untuk menjawab kebutuhan masyarakat sekaligus memiliki orientasi pasar yang cukup luas.
 
Bermacam informasi bisa diakses melalui internet. Namun masalahnya, tidak semua orang mempunyai akses internet. Maka, hadirilah warung internet (warnet) sebagai problem slover atau alternatif pemecahan masalah tersebut. Sekarang bisa kita lihat berbagai usaha warung internet menjamur di mana-mana. Warnet semakin bisa menjadi salah satu alternatif usaha untuk menjawab kebutuhan masyarakat sekaligus memiliki orientasi pasar yang cukup luas.
 
3. Desain website
 
Untuk memenuhi keperluan publisitas dan komunikasi, perusahaan-perusahaan mempunyai kepentingan dengan dunia internet. Mereka mempublikasikan perusahaan-perusahaannya di dunia maya. Selain itu, beberapa institusi sangat membutuhkan upaya e-marketing-kan produknya. Perusahaan-perusahaan juga sangat membutuhkan Company profil dalam bentuk digital sebagai media promo.
 
Salah satu upaya untuk menjawab kebutuhan di atas adalah dengan menyediakan jasa pembuatan website. Banyak perusahaan, bidang usaha, institusi, dan komunikasi membutuhkan website sebagai media promo. Sementara pada saat yang sama mereka tidak memiliki waktu ataupun SDM yang kompeten dalam bidang teknologi informasi.
 
Dewasa ini, website tidak hanya dibutuhkan untuk ajang promosi yang serius, tetapi juga digunakan sebagai ajang jejaring pertemanan. Kebutuhan untuk menampilkan profil institusi atau pribadi inilah yang bisa dijadikan peluang bisnis yang menjanjikan.
 
4. Sistem Komputer dan Jasa Berhubungan Dengannya
 
Berbagai jasa dan pelayanan yang berkaitan dengan komputer sangat dibutuhkan. Sata ini, dapat dikatakan hjampir semua transaksi dan komunikasi menggunakan jasa komputer dan menggunakan sistem pencatatan yang terkomputerisasi. Dengan demikian, sudah pasti komputer sangat dibutuhkan di masa kini. Komputer memudahkan kerja manusia sehingga mempersingkat waktu dalam mengerjakan segala sesuatu yang pada awalnya dilakukan secara manual.
 
Dengan semakin praktisnya kehidupan manusia, kehadiran komputer sangat dibutuhkan. Misalnya, untuk pencatatan sampai mengerjakan desain multimedia. Berkaitan dengan hal tersebut, kehadiran usaha-usaha yang berkaitan dengan sistem komputerisasi sangat dibutuhkan. Beberapa usaha yang berkaitan dengan sistem komputerisasi adalah sebagai berikut:
 
5. Servis Komputer
 
Mempunyai komputer saja tentu tidak cukup. Komputer-komputer itu membutuhkan perawatan dan Service agar tetap terjaga ketika digunakan. Pada suat waktu, komputer dapat mengalami kerusakan. Belum lagi, banyak sekali virus-virus yang menyerang dan merusak komputer. Secanggih-canggihnya komputer akan rusak juga bila terserang virus ganas seperti trojan dan berbagai varian lainnya. Sebuah mesin juga membutuhkan perawatan agar dapat berfungsi dengan baik. Di saat seperti itu, jasa service komputer memberikan solusi-solusi untuk memperbaikinya. Jasa service komputer dapat menjadikan usaha yang cukup prospek untuk digarap.
 
6. Desain Grafis
 
Dunia komputer memang terus bergerak maju. Sekarang komputer bukan hanya digunakan untuk menulis kata-kata saja. Tetapi juga dapat menghasilkan berbagai macam desain seni. Desain seni itulah yang saat ini banyak dibutuhkan.
 
Desain seni yang sering dibutuhkan masyarakat antara lain: kartu undangan, logo perusahaan, kartu ucapan, kartu undangan pernikahan, kartu undangan ulang tahun, kop surat, brosur, desain majalah, desain buletin, dan produk-produk digital lainnya.
 
Pasar usaha ini sangat luas, baik personal, komunitas organisasi tertentu, maupun instansi pemerintahan. Mereka menggunakan jasa desain grafis untuk mempromosikan diri. Nah, peluang inilah yang bisa digunakan sebaik-baiknya untuk mereka yang memiliki potensi dan tertarik dengan bidang desain.
 
7. Aksesori dan Periferal Komputer
 
Jika kita berjalan-jalan ke pameran komputer tentu kita tidak hanya menjumpai stan-stan komputer dan notebook saja, tetapi juga stan-stan yang menjual aksesorinya. Orang-orang juga ingin melengkapi komputernya dengan aksesori agar komputernya semakin cantik.
 
Peluang ini tentu saja dapat dimanfaatkan dengan baik. Usaha toko aksesori dan rental komputer yang menyediakan berbagai macam barang, seperti tas laptop, mouse, earphone, headset, slipcas, modern, CD blank, tinta refill, dan sebagainya. Orang-orang membutuhkan benda-benda tersebut untuk kelengkapan alat kerjanya atau keperluan lainnya. Barang-barang itu digunakan tidak hanya karena nilai fungsinya, tetapi juga nilai seni dan artistiknya.
 
8. Rental Infokus
 
Banyak orang yang membutuhkan infokus untuk berbagai kegiatan yang akan mereka lakukan, seperti kegiatan seminar, presentasi, rapat, dan kegiatan lainnya.
 
Nah, peluang ini dapat dimanfaatkan untuk membuka bisnis rental infokus, bahkan dapat dengan penyewaan laptop sekaligus. Sasaran usaha ini adalah mahasiswa-mahasiswa aktivis yang mengadakan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan seperti seminar, pelatihan, dan lain sebagainya. Bisa juga digunakan untuk mahasiswa tingkat akhir yang menjalani sidang thesis, atau presentasi tugas akhir. Segmentasinya bisa diperluas sampai membidik organisasi atau instansi di luar kampus.
 
9. Studio cetak foto digital
 
Dokumentasi sebuah kegiatan atau momen istimewa pastilah sangat diperlukan. Apalagi jika yang ingin diabadikan adalah saat-saat yang tak ingin terlupakan seperti momen pernikahan, wisuda, pesta ulang tahun, dan sebagainya. Momen ini akan senantiasa ingin dikenang seumur hidup. Dokumentasi diperlukan untuk membuat peristiwa istimewa tersebut bisa tersimpan.  
 
Kebutuhan dokumentasi tersebut bisa menjadi peluang bisnis yang sangat prospek. Salah satunya dengan membuka studio cetak foto digital. Meski sudah banyak orang yang memulainya, namun pasarnya masih cukup besar. Banyaknya studio foto digital yang telah berdiri justru bisa dijadikan tantangan untuk lebih kreatif dan inovatif mengembangkan usaha.
 
10. Pembuatan Software
 
Pasar bisnis ini adalah perusahaan-perusahaan yang relatif besar dan juga instansi-instansi pemerintah. Softwar-software ini dibutuhkan sebagai sarana untuk kelancaran proses kerja perusahaan atau instansi tersebut. Kebutuhan tersebut menjadi kesempatan untuk mendirikan usaha jasa bidang information Technology. Produknya tentu saja software. Sarananya lebih komersial kepada perusahaan-perusahaan yang lebih besar dan instansi pemerintah. Harga sebuah software konon bisa mencapai puluhan juta rupiah tergantung kerumitan dan cakupannya. Sebuah bisnis yang sangat menjanjikan tentu saja.
 
Software yang biasanya dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan atau instansi pemerintah di antaranya, software akuntansi dan keuangan, penjualan dan pembelian barang, pencatatan dan pengendalian persediaan, atau pencatatan dan penyusutan aset.
 
Editor: Nandra F Piliang
Sumber: Okezone

 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar