Riau

Buka MTQ Ke-49, Bupati: Kampar Merupakan Gudangnya Qori-Qoriah dan Hafiz- Hafizah

Bupati Kampar Azis Zaenal memukul beduk bertanda MTQ ke-49 tingkat Kabupaten Kampar resmi dibuka.
RIAUMANDIRI.CO, TAMBANG - Bupati Kampar Azis Zaenal didampingi Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Nuraini Azis membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-49 Tingkat Kabupaten Kampar di halama kantor Camat Tambang, Sabtu (28/4/2018).
 
Pembukaan MTQ ini dihadiri Sekretaris Irjen Bimais Kementerian Agama Tarmizi Tohor, Plt Gubernur Riau yang diwakili oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Riau sekaligus Ketua LPTQ Provinsi Riau Achmad Syekrofi, Kakanwil Kementerian Agama Provinsi Riau Ahmad Supradi, Ketua DPRD Kabupaten Kampar Ahmad Fikri, Kapolres Kampar AKBP Andri Ananta Yudhistira, Kepala Kemenag Kabupaten Kampar H Alfian, Unsur Forkopimda, Camat Tambang Alkautsar serta ninik mamak, cerdik pandai, tokoh masyarakat, tokoh agama. Serta peserta MTQ dari 21 Kecamatan di Kabupaten Kampar.
 
“Anak awan tumbuh di awan, anak geligah dari Indragiri, dalam Alquran penuh pelajaran untuk mengubah karakter diri,” ucap Bupati berpantun saat pembukaan acara MTQ tingkat kabupaten pertama yang diselenggarakan di Provinsi Riau ini.
 
Bupati Azis mengatakan Kabupaten Kampar merupakan gudang-gudang qori-qoriah dan hafiz-hafizah. Ketika MTQ Provinsi Riau yang baru-baru ini dilaksanakan di Kota Dumai, Kampar meraih juara 3.
 
"Namun Insya Allah pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau yang telah ditetapkan di Kabupaten Kampar tahun ini, jangan sampai tidak mendapat juara 1," sebut Bupati.
 
“Untuk itu kita mulai dari sekarang, melatih hafi-hafizah, qori-qoriah kita agar mereka berlatih dan terus berlatih untuk menjadi yang terbaik dalam perlombaan MTQ tingkat Provinsi Riau yang akan datang, mudah-mudahan dengan tekad yang kuat kita juga bisa menjadi juara ditingkat nasional," harap Azis.
 
Bupati mengatakan, Alquran adalah obat, jika kita mendengar lantunan bacaan Alquran yang dibacakan oleh Hafizah, Qori dan Qoriah, pikiran sejuk. Menurut Bupati, inilah mukjizat Alquran yang tiada duanya diturunkan oleh Allah Swt dimuka bumi.
 
“Pemerintah Kabupaten Kampar sudah membuat Perda yakni Magrib mengaji. Untuk itu saya mengimbau anak-anak muda, orang-orang tua, mari kita berduyun-duyun ke masjid dan musala, atapun di rumah untuk melaksanakan pembacaan ayat-ayat Alquran paling tidak sesuai denga Perda Wajib Magrib Mengaji," imbau Bupati Kampar.
 
Untuk pertama kalinya Kabupaten Kampar melaksanakan Lomba MTQ di Kecamatan Tambang. Juga telah dilantik Dewan Hakim, dilanjutkan dengan membuka pawai ta’aruf serta bazar yang dilakukan oleh ibu-ibu PKK se-Kabupaten Kampar.
 
“Saya mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu PKK, mudah-mudahan hasil kerajinan yang telah di buat oleh ibu-ibu akan menambah kawasan-kawasan industri yang ada di Kabupaten Kampar ini, sesuai dengan visi misi dan program Pemerintah Kabupaten Kampar yakni 3I, infrastruktur, industri dan investasi. Kita harus yakin dengan program tersebut Kampar akan maju di masa akan datang," ujar Azis.
 
Kepada masyarakat di Kecamatan Tambang Bupati Kampar mengajak selama MTQ ini berlangsung untuk menyaksikan dan mendengarkan qori qoriah membaca Alquran.
 
"Mari kita tonton dan simak sebaik-baiknya karena dengan mendengarkan lantun ayat-ayat suci saja sudah menjadi obat bagi kita, apalagi jika kita melakukannya setiap hari di rumah," kata Bupati.
 
Lanjut Bupati, untuk menunjang program Pemerintah Kabupaten Kampar di bidang keagamaan, telah dibuat Peraturan Daerah Pandai Baca Alquran, Gerakan Masyarakat Magrib Mengaji serta Pendidikan Diniyah Takmiliyah Awaliyah. 
 
Sebelumnya Sekretaris Irjen Bimais Kementerian Agama RI Tarmizi Tohor mengatakan MTQ Tingkat Nasional akan dilaksanakan Sumatera Utara sebagai tuan rumah. 
 
“Saya yakin dan percaya apa yang dilakukan Bupati Kampar saat ini tentunya mempersiapkan anak-anak kita, qori dan qoriah untuk tingkat Provinsi dan Insha Allah untuk tingkat nasional,” ucap Tarmizi.
 
Kegiatan MTQ ini, lanjutnya perlu dilakukan untuk meningkatkan gairah para anak muda, generasi muda, anak cucu kita untuk mau mempelajari Alquran ini. Oleh karena itu MTQ ini perlu dikembangkan bersama LPTQ.
 
“Kita semarakkan melalui dunia pendidikan di pesantren-pesantren dalam mengubah akhlak kebaikan bagi generasi yang akan datang," ajaknya.
 
Tarmizi Berharap ada pesantren yang khusus yang khusus mengembangkan tilawah, ada madrasah yang khusus mengembangkan tahfiz, dan sebagainya yang dibagi di setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Kampar.
 
Hal senada juga disampaikan Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Riau sekaligus Ketua LPTQ Provinsi Riau Achmad Syekrofi. Atas nama Pemerintah Provinsi Riau, ia memberikan apresiasi kepada Bupati Kampar dan jajaran serta masyarakat Kabupaten Kampar atas penyelenggaraan MTQ tahun 2018 ini.
 
“Dari catatan yang kami dapatkan Kabupaten Kampar adalah kabupaten pertama melaksanakan MTQ pada tahun 2018 ini untuk tingkat Kabupaten, sedangkan kabupaten lain masih di tingkat desa dan Kecamatan,” ucap Syekrofi.
 
 
Reporter: Ari Amrizal
Editor: Rico Mardianto
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar