Riau

Perjuangkan Embarkasi Haji Riau, Bupati Kampar dan Plt Gubri Temui Menteri Agama

Bupati Kampar dan Plt Gubri Wan Thamrin Hasyim berbincang dengan Menteri Agama mengenai penambahan embarkasi agar memudahkan jamaah haji Riau.
RIAUMANDIRI.CO, JAKARTA - Bupati Kampar Azis Zaenal bersama Plt Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim menemui Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin membicarakan terkait pelayanan haji bagi masyarkat Riau, di Jakarta, Senin (30/4/2018).
 
Menteri Agama merespon positif keingian Provinsi Riau yang ingin memiliki embarkasi sendiri. Menag kemudian memerintahkan Sekjen Kemenag RI agar segera mengkoordinasikan dengan pihak-pihak terkait untuk penambahan embarkasi. 
 
"Pada dasarnya kita sangat mendukung jika makin banyak embarkasi keberangkatan jemaah haji. Semakin memudahkan kita dan para calon jamaah haji. Namun kita kan mesti ikuti aturan, dan aturannya bukan dari saya tapi berbagai pihak," ujar Lukman Hakim.
 
Wan Thamrin Hasyim saat menghadap Menteri agama mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Riau telah melengkapi semua persyaratan yang telah ditetapkan agar Kementarian Agama dapat menambah embarkasi bagi jamaah haji Riau tahun depan.
 
"Untuk merealisasikan hal ini Pemerintah Provinsi Riau telah melengkapi semua persyaratan yang ditentukan dan barusan telah kita serahkan ke Pak Menteri," ucapnya.
 
Bupati Kampar usai bertemu Menteri Agama mengatakan, dengan penambahan embarkasi ini, pemerintah mengupayakan tahun ini jamaah haji Riau tidak lagi bermalam di Batam melainkan hanya pindah pesawat dari Pekanbaru ke Batam atau dengan istilah embarkasi antara.
 
"Dan tahun depan insya Allah Pekanbaru menjadi embarkasi penuh. Jika Embarkasi ada pelayanan kepada jamaah mudah, jarak tempuh juga dapat dipersingkat,  menguntungkan secara ekonomi baik bagi Riau maupun Kampar," ucap Bupati.
 
Sebelumnya rombongan Bupati dan Plt Gubri bersilaturahmi dengan Sekjen Kemenag RI Nursyam sekaligus berdiskusi tentang berbagai hal di bidang keagamaan.
 
 
Reporter: Ari Amrizal
Editor: Rico Mardianto


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar