Riau

Sekda Inhu Ajak Berantas Hoax

RIAUMANDIRI.CO, RENGAT - Badan Koordinasi Hubungan Masyarakat (Bakohumas) Kabupaten Indragiri Hulu menggelar pertemuan tematik di aula Bappeda dan Litbang Kabupaten Inhu, Senin (30/4/2018). Acara yang ditaja Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Inhu ini merupakan yang pertama kalinya di tahun 2018. 
 
Pertemuan Tematik Bakohumas Inhu dibuka secara resmi oleh Plt Sekretaris Daerah Inhu Hendrizal selaku Ketua Umum Bakohumas Inhu. 
 
Turut hadir Kadiskominfo Inhu Jawalter serta para anggota Bakohumas yang merupakan praktisi kehumasan di lingkungan pemerintah daerah, instansi vertikal, BUMN dan BUMD di Inhu. Selain membuka acara secara resmi, Hendrizal juga didaulat menjadi narasumber dan memberikan materi serta pemaparan dengan tema "Peran Bakohumas Sebagai Sarana Komunikasi Pemerintah dan Pemberantasan Hoax". 
 
Hendrizal meminta adanya sinergi antara anggota Bakohumas lintas instansi untuk bersama memerangi hoax dan memaksimalkan fungsi media sosial. "Kita harus bersama memerangi penyebaran hoax terlebih lagi deklarasi anti hoax telah kita laksanakan baru-baru ini di Inhu," tegasnya. 
 
Selain itu, Asisten III Setdakab Inhu ini juga mengharapkan anggota Bakohumas untuk lebih meningkatkan koordinasi dan integrasi, di antaranya dengan memanfaatkan sarana dan fasilitas yang dimiliki Pemkab untuk penyebarluasan informasi seperti, Radio Swai FM, website resmi Pemkab, dan media sosial resmi yang telah terverifikasi. 
 
Senada dengan pernyataan tersebut, Jawalter menekankan perlunya sharing informasi dan partisipasi aktif anggota Bakohumas untuk memenuhi konten informasi pemerintah pada seluruh kanal secara serentak. 
 
"Agar Forum Bakohumas yang telah kita bentuk ini tidak hanya acara seremonial semata namun dapat menjadi wadah penyebarluasan informasi program pemerintah," tambahnya. 
 
Dalam sesi diskusi muncul pertanyaan tentang SOP penyebarluasan informasi ke media sosial. Menanggapi hal tersebut, Diskominfo selaku leading sector pengelolaan dan penyebaran informasi dan sebagai sekretariat Bakohumas akan mengeluarkan edaran tentang SOP penyebarluasan informasi untuk anggota Bakohumas. 
 
Di akhir acara Diskominfo Inhu menawarkan kepada anggota Bakohumas yang ingin menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan selanjutnya, dapat menghubungi Sekretariat Bakohumas Inhu di kantor Diskominfo.
 
 
Reporter: Eka Buana Putra
Editor: Rico Mardianto
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar