Olahraga

Tanpa Atlet Andalan, PPLP Atletik Dispora Riau Raih Dua Medali di Gorontalo

Tampak atlet lari bersaing pada hari pertama Kejurnas Atletik Antar PPLP di Stadion Merdeka, Kota Gorontalo.
RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Meski turun tanpa atlet andalan di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) atletik antar Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) di Gorontalo, 28 April-2 Mei, PPLP Atletik Dispora Riau berhasil meraih satu medali perak dan perunggu.
 
Dikatakan Pelatih Kepala Atletik PPLP Riau Hasnor, pada Kejurnas PPLP tersebut atletik Dispora Riau hanya memberangkatkan enam atlet yang juga mengikuti enam nomor pertandingan dari 38 nomor yang dipertandingkan. Sedangkan dua medali tersebut didapatkan dari nomor lari 400 meter dan jalan cepat.
 
"Medali perak diraih oleh Andika Firdaus, sedangkan medali perunggu diraih oleh Kesya Amanda. Hasil ini cukup bagus karena dua atlet tersebut termasuk atlet lapis kedua yang baru bergabung awal tahun lalu," katanya.
 
Diceritakan Hasnor, pada kejurnas tersebut, PPLP atletik Riau berangkat tanpa atlet andalannya. Pasalnya, satu atlet andalan Riau pada nomor lempar cakram putri yang diproyeksikan mendapatkan medali emas, atas nama Putri Asrima dikeluarkan dari PPLP atletik karena dinilai tidak disiplin.
 
"Di kejurnas itu kami berangkat tanpa atlet andalan, lantaran atlet andalan atas nama Putri Asrima sudah dipecat. Seharusnya kalau ada masalah atau pelanggaran kan bisa diberikan teguran atau sanksi, dan tidak harus dipecat. Karena itulah potensi emas tidak bisa didapatkan," paparnya.
 
Dipaparkan Hasnor, membina atlet hingga dapat berprestasi itu cukup sulit. Karena altet yang dibina dan bisa berpestasi sampai saat ini adalah atlet yang ditempa dari nol dan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjadikan atlet berprestasi. 
 
"Cukup lama loh menjadikan atlet itu bisa berprestaai, paling tidak membina atlet hingga bisa berprestasi itu butuh waktu minimal dua tahun, tidak bisa hanya dalam waktu enam bulan," paparnya.
 
Lebih jauh dipaparkan Hasnor, usai mengikuti kejurnas antar PPLP ini para atlet cabang atletik Riau pada Sabtu 5 Mei besok akan kembali berangkat ke Jakarta untuk mengikuti kejurnas junior, remaja dan senior di Jakarta sebagai salah satu seleksi untuk Asian Games. Untuk itu pihaknya meminta atlet-atlet Riau bisa kembali fokus pada kejuaraan tersebut.
 
"Saat ini kami kembali akan fokus pada kejuaraan Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) untuk seleksi Asian Games di Jakarta yang akan digelar pada 7 Mei mendatang," tutupnya.
 
Reporter : Anom Sumantri
Editor : Mohd Moralis


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar