Nasional

Hasil UN Turun, DPR Minta Pemerintah Evaluasi Menyeluruh

Bambang Soesatyo
RIAUMANDIRI.CO, JAKARTA - Ketua DPR Bamsoet menganggapi hasil nilai Ujian Nasional (UN) SMA sederajat 2018 yang mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun lalu.
 
Dia meminta pihak terkait, dalam hal ini Kemendikbud dan Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) untuk melakukan evaluasi menyeluruh terhadap pelaksanaan UN 2018.
 
"Tahun 2018 UN SMA mengalami beberapa perubahan yaitu pada moda pelaksanaan ujian dengan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) dan peningkatan kualitas soal-soal ujian," katanya.
 
Dia juga mengingatkan sekolah-sekolah, terutama guru pembimbing (wali kelas, guru mata pelajaran UN, maupun guru Bimbingan Konseling/BK) untuk melakukan pembinaan dan memotivasi agar siswa tetap mempersiapkan diri dalam menghadapi UN walaupun UN tidak lagi menjadi penentu kelulusan bagi siswa.
 
"Saya minta Kemendikbud bersama sekolah-sekolah menengah atas sederajat di seluruh Indonesia untuk segera melakukan pemetaan nilai-nilai siswa yang mengalami penurunan terhadap beberapa mata pelajaran tertentu, serta mempersiapkan program-program pendidikan bagi siswa agar siap mengerjakan soal-soal dalam pelaksanaan UNBK selanjutnya, mengingat peningkatan kualitas soal-soal ujian juga harus diiringi dengan kesiapan siswa," katanya. 
 
 
Reporter: Syafril Amir
Editor: Rico Mardianto


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar