Pekanbaru

Rektor: Lulusan UIR Harus Mampu Ciptakan Lapangan Kerja

Prosesi wisuda UIR jenjang D3, S1, dan S2 di GOR UIR Pekanbaru.
RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof Dr Syafrinaldi mewisuda sebanyak 974 mahasiswa yang terdiri dari jenjang D3, S1, dan S2 dalam rapat senat terbuka yang digelar di GOR UIR Perhentian Marpoyan Pekanbaru, Sabtu (5/5/2018).
 
Dari total 274 mahasiswa yang diwisuda terdiri dari D3 berjumlah 5 orang, S1 berjumlah 881 orang, dan S2 berjumlah 88 orang. Pemuncak universitas pada wisuda ini mendapat reward berupa sertifikat dan uang tunai Rp2 juta dan pemuncak fakultas diberi sertifikat dan uang tunai Rp1 juta.
 
Rektor berharap mahasiswa yang diwisuda bisa mengaplikasikan ilmunya di dunia kerja maupun dalam kehidupan bermasyarakat, serta melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi lagi sesuai keinginan mahasiswa.
 
Lebih lanjut Syafrinaldi berkata, lulusan UIR bisa menjadi entrepeneur muda dan menciptkan lapangan kerja, terutama bagi diri sendiri. Untuk itu, ia mengimbau lulusan UIR agar pandai membaca peluang usaha. "Kita selalu bekali mereka dengan pelatihan entrepeneurship dari profesional," ujar Syafrinaldi.
 
Selain itu, mahasiswa UIR juga dibekali dengan berbagai keahlian serta adanya praktik magang untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa agar siap pakai ketika terjun ke dunia kerja. 
 
Hal senada disampaikan Ketua Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Dr Nurman. Dia optimis bahwa lulusan UIR mampu bersaing di dunia kerja. Menurutnya jebolan UIR sudah dibekali dengan iptek sehingga bisa menghadapi tantangan di era globalisasi ini. "Agar alumni kita bisa mandiri dan mengambil kesempatan kerja," pungkasnya.
 
 
Reporter: Rico Mardianto
Editor: Nandra F Piliang
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar