Riau

Dispussip Rohul Taja Diklat Kearsipan dan Perpustakaan

Ilustrasi
RIAUMANDIRI.CO, PASIR PENGARAIAN -Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispussip) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) taja diklat arsip dan diklat perpustakaan yang diikuti OPD, Kecamatan, dan perpustakaan sekolah se-Rohul, Kamis (3/5/2018).
 
Acara dibuka oleh Kepala Dinas Dispussip Rohul Dipendri mewakili Bupati Rohul di di Hall Islamic Centre Rokan Hulu. 
 
Ketua panitia Sumardi dalam laporannya menyampaikan peserta diklat pemberkasan arsip ini sebanyak 32 orang dengan utusan 2 orang per kecamatan. Ditambah 2 orang dari petugas pengelola arsip Mamic Rohul. Kemudian, perpustakaan Desa dan SLTA se-Rohul sebanyak 32 orang. Kegiatan ini digelar selama dua hari yakni pada 3 dan 5 Mei 2018, yang dipusatkan di Hotel Gelora Pasir Pengaraian.
 
Turut dihadirkan, dua orang yang berasal dari tenaga fungsional Arsiparis ahli muda dinas dispersip Riau, dan sebanyak 2 orang lagi dari tenaga fungsional pustakawan ahli muda dari Dispersip Riau.
 
Sementara Kepala Dinas Dispussip Rohul Dipendri menyampaikan bahwa Pemda Rohul sangat mendukung dan mengapresiasi terlaksanannya kegiatan ini. Karena sesuai UU 43 tahun 2009 tentang Kearsipan, di mana Dispusip Rohul membina dan  menata arsip yang ada di Rokan hulu.
 
“Makanya salah satu kegiatan yakni berupa diklat pemberkasan/penataan arsip ini aktif. Kita berharap dengan diklat ini akan menambah wawasan dan pengetahuan mengelola arsip yang tertib sesuai aturan yang ada di OPD khususnya kantor Camat Rohul," sebut Dispendri.
 
Oleh sebab itu, kata Dipendri, petugas yang mengikuti diklat kearsipan ini agar dapat mengaplikasikan dan melaksanakan serta menata arsip dengan baik dan tertib. "Sehingga dalam audit internal nantinya siap untuk diaudit," ujarnya.
 
Begitu pula halnya dengan Diklat perpustakaan SLTA. Sesuai amanat UU No 43 tahun 2007 tentang Perpustakaan, di mana Dinas perpustakaan daerah berkewajiban membina dan mengelola perpustakaan di Rokan hulu.
 
“Diklat ini merupakan salah satu program nyata untuk menyiapkan SDM yang handal dalam mengelola perpustakaan. Untuk meningkatkan minat dan pengembangan budaya dalam lingkungan sekolah," singkatnya.
 
Hadir dalam acara itu Kabid Pembinaan dan Pelayanan Arsip Dispersip Riau Sri Meka, perwakilan dari OPD, camat, kepala desa, kepala sekolah, dan sekretaris Dispussip Rohul Habrizal, dan Kabid Perpustakaan Etawatti. (rls/hms)
 
 
Editor: Rico Mardianto
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar