Riau

Panwaslu Ajak Seluruh Elemen Masyarakat Jadi Pengawas Partisipatif

RIAUMANDIRI.CO, RENGAT - Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Inhu mengajak seluruh elemen masyarakat untuk dapat menjadi pengawas pemilihan umum (Pemilu) partisipatif, mulai dari proses atau tahapan hingga pelaksanaan, baik Pilgubri maupun pada pelaksanaan Pileg dan Pilpres mendatang.
 
Hal ini dilakukan sebagai upaya mengajak keterlibatan seluruh elemen masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu untuk terlibat dalam rangka pengawasan jalannya proses pemilu dan upaya mendongkrak partisipasi dalam rangka pengawasan.
 
Pengawasan pemilu partisipatif ini sesuai dengan amanat UU No. 7 tahun 2017. "Bersama rakyat awasi penyelenggaraan pemilu. Ada penyelenggara dan pengawas yang ikut bermain, maka perlu pengawasan partisipatif dari masyarakat dan media, karena Panwas ruang gerak dan anggotanya terbatas," ungkap Ketua Panwaslu Inhu, Akhmad Khairudin. 
 
Ramadhan bisa jadi ladang kampanye yang bisa berimbas pada money politik diantaranya bagi bagi paket Ramadhan,  sumbangan mesjid dan lainnya. Maka Panwaslu akan melaksanakan pengawasan secara maksimal. "Pencalonan bisa dibatalkan jika terbukti melakukan money politik, jelasnya. 
 
Dikatakannya, peran dari semua elemen masyarakat sangat diharapkan dalam rangka pengawasan jalannya proses pemilu. "Termasuk pemilu yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini, yakni pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, dengan harapan Proses demokrasi yang akan dilaksanakan berjalan sesuai dengan prinsip demokrasi, agar pemilu semakin berkualitas,” kata Akhmad. 
 
Selain itu, sosialisasi ini juga sebagai tindakan pencegahan dari terjadinya pelanggaran-pelanggaran Pemilu di Kabupaten Inhu, sehingga Pemilu dapat dilaksanakan secara aman, tertib, lancar, dan damai. Sehingga Panwaslu Kabupaten Inhu, mengajak seluruh elemen masyarakat terlibat dengan harapan, pelanggaran pemilu semakin berkurang.
 
Reporter: Eka BP
Editor: Nandra F Piliang


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar