Pekanbaru

Kopertis X Gelar Raker di Batam, 5 PTS Teken MoU dengan UIR

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Kopertis Wilayah X yang membawahi Sumatra Barat, Riau, Jambi, dan Kepri menggelar rapat kerja dengan pimpinan perguruan tinggi swasta (PTS) di Batam. 
 
Di sela acara yang berlangsung dari Selasa hingga Rabu (7-9/5/2018), lima PTS minta bekerja sama dengan Universitas Islam Riau. Nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) masing-masing PTS ditandatangani pimpinan PTS dengan Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL, Selasa (8/5/2018) sore, dan disaksikan Koordinator Kopertis Wilayah X Prof Herri serta peserta raker.
 
Raker dengan tema ''Meningkatkan Kualitas Pendidikan Tinggi dan Daya Saing Bangsa untuk Menghadapi Revolusi Industri 4.0'' itu membahas sejumlah materi. 
Antara lain kebijakan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dalam menghadapi Revolusi Industri 4.0, kebijakan penyesuaian kurikulum menghadapi Revolusi Industri 4.0, penataan sistem dan kelembagaan pendidikan tinggi. Selain itu, dibahas pula Program Pendidikan Tinggi untuk Pembinaan UMKM Berpendidikan Rendah dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0, peningkatan kualitas tata kelola perguruan tinggi menuju pendidikan bermutu, serta rencana strategis kopertis wilayah X tahun 2018. 
 
Wakil Rektor I UIR Dr H Syafhendry yang bersama Rektor Syafrinaldi menghadiri Raker itu menyebutkan, dari raker ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman badan penyelenggara dan pimpinan perguruan tinggi dalam mengembangkan sumber daya manusia. Selain tujuan tersebut, rapat kerja hendaknya dapat pula melahirkan berbagai kebijakan strategis Kopertis X yang nanti akan ditindaklanjuti oleh perguruan tinggi swasta dalam wilayah binaan kopertis. 
 
''Raker ini sangat strategis dalam usaha kita beradaptasi dengan perubahan global terutama menyangkut perubahan kurikulum terkait dengan Revolusi Industri 4.0,'' kata Syafhendry. 
 
 
Terpisah, Rektor UIR Syafrinaldi menyambut baik keinginan empat PTS bekerjasama dengan Universitas Islam Riau. Keempat PTS itu adalah Universitas Batang Hari Jambi, Universitas Muhammad Yamin Solok, Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Indragiri, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum Riau dan Universitas Dharma Andalas Padang. 
 
Nota Kesepahaman di bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat itu diteken keempat PTS, yaitu Fahruddin Razi, SH, MH (Rektor Univ. Batang Hari), Prof Dr H Elfi Sahlan Ben, Apt (Rektor Univ. Muhammad Yamin), Indra Safri, S.Sos, M.Si (Ketua STIA Indragiri) Dr Indrayani, SE, MM (Ketua STIH Riau) dan Dr Rahmi Fahmy, SE, MBA (Rektor Univ. Dharma Andalas Padang) dengan Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi, SH, MCL yang didampingi Wakil Rektor Bidang Akademis Dr H Syafhendry, M Si.
 
Syafrinaldi mengapresiasi keinginan pimpinan PTS ber-MoU dengan UIR. Menurut Rektor, kerja sama ini merupakan wujud dari kebersamaan UIR dengan keempat PTS dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi. 
 
''Tindak lanjut dari nota kesapahaman ini akan dilaksanakan oleh tim teknik dari masing-masing perguruan tinggi,'' ujar Rektor seperti disampaikannya kepada Kabag Humas UIR, H Syafriadi. (rls)
 
 
Editor: Rico Mardianto
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar