Riau

Sekda Kuansing Apresiasi Wisuda VI Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan

Sekda Kuansing Dianto Mampanini menghadari wisuda VI Ponpes KH Ahmad Dahlan.
RIAUMANDIRI.CO, TELUKKUANTAN - Sekretaris Daerah Kuantan Singingi Dianto Mampanini menyampaikan apresiasi dari Bupati kepada Pondok Pesantren Ahmad Dahlan atas terlaksananya wisuda VI dan pengukuhan Alumni XXII Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan, Kuansing.
 
Menurutnya Sekda, pondok pesantren sebagai lembaga pendidikan agama Islam yang pertama di Indonesia, dengan karakter khas religius. Pondok Pesantren telah berhasil meletakkan dasar-dasar pendidikan keagamaan yang kuat hingga saat ini. 
 
"Yang dalam perkembangannya, pesantren menjelma menjadi wahana resistensi moral, atau pewaris tradisi intelektual Islam, yang berupaya menanamkan nilai-nilai syariat Islam dan perilaku keislaman dengan ciri dominan adalah keihklasan, kesederhanaan, kemandirian dan ukhuwa islamiyah," ujar Sekda.
 
Keberadaan pondok pesantren, menurut dia, harus diikuti oleh keinginan semua elemen masyarakat untuk menjadikan pondok pesantren sebagai sumber atau titik awal untuk melakukan pembentukan moral anak. 
 
"Di sinilah awal mula pembentukan sebuah karakter manusia. Eksistensinya tidak akan memiliki makna, mana kala kita sebagai umat Islam tidak mampu memberikan amanah untuk mempercayakan tempat tersebut sebagai tempat yang mampu membangun akidah anak-anak kita," ungkap Sekda, Rabu (9/5/2018).
 
Pada kesempatan yang sama, Pimpinan Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan Ustaz Mulkan M. Sarin, menyampaikan dalam sambutannya bahwa peranan sekolah agama seperti halnya Ponpes KH Ahmad Dahlan ini menjadi sangat penting dalam memberi pendidikan keagamaan kepada santri dan santriwati. 
 
Menurutnya, keberhasilan program ini merupakan barometer baik buruknya kondisi masyarakat yang ada saat ini dan masa yang akan datang.
 
"Saya berpesan kepada anak-anakku yang lulus, untuk bisa sedapat mungkin melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Jangan berhenti sampai di sini dan jangan pernah merasa puas hanya menjadi alumni saja, teruslah berjuang untuk mencapai cita-cita yang lebih tinggi," tambahnya.
 
Acara Wisuda VI Ponpes KH Ahmad Dahlan ini diakhiri dengan pengukuhan Alumni Madrasah Tsanawiyah XXII Pondok Pesantren KH Ahmad Dahlan Tahun Ajaran 2017/2018 oleh Sekda Dianto Mampanini mewakili Bupati Kuansing.
 
Turut hadir Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Riau Masrul Kasmy, Forkopimda Kuansing, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kuansing, pimpinan daerah Muhammadiyah Kuantan Singingi serta orang tua santri.
 
 
Reporter: Suandri
Editor: Rico Mardianto
 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar