Tips & Kesehatan

Buka Puasa dengan Makanan Manis Tidak Selalu Baik, Ini Penjelasannya

Sajian buka puasa (Ilustrasi)

RIAUMANDIRI.CO - Saat puasa tubuh akan kekurangan gula. Maka tidak mengherankan jika tubuh menjadi lemas dan pusing selama puasa. Untuk itulah disarankan saat berbuka mengonsumsi makanan dan minuman manis. Kolak pisang, es buah dan kurma banyak dikonsumsi sebagai menu puasa. Tapi, benarkah makan dan minum yang manis baik untuk kesehatan?

 

Mengonsumsi makanan yang manis ketika berbuka puasa itu baik. Karena saat berpuasa, asupan makanan dalam tubuh sangat terbatas, sehingga menyebabkan gula darah menurun sehingga memiliki efek tubuh menjadi lemas. Namun mengonsumsi makanan manis itu baik bila secukupnya saja untuk mencegah hypoglikemia yang terlalu lama.

 

Hindari makanan yang terlalu banyak mengandung gula tambahan. Nah, jika mengonsumsi makanan manis terlalu berlebihan, dapat berbahaya bagi kesehatan. Sebab, akan terjadi lonjakan dari hormon insulin karena makanan manis yang berlebihan menyebabkan kadar gula tinggi. Lonjakan hormon insulin tersebutlah yang meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin yaitu penyebab diabetes tipe 2.

 

Jika memang ingin mengonsumsi makanan manis, hindari makanan yang banyak mengandung gula buatan. Cukup makan buah tanpa perlu tambahan sirup dan gula. Asupan gula dapat kamu peroleh dari kandungan gula alami pada buah.

 

Sumber: liputan6.com




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar