Pilkada

Kader Harap Syamsuar Segera Pimpin PAN Riau

Musyafak Asikin

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Amanat Nasional (PAN) Provinsi Riau, dikabarkan akan berganti dari Irwan Nasir kepada Syamsuar. Diharapkan, kabar tersebut tidak hanya sebatas wacana, melainkan bisa segera direalisasikan dalam waktu dekat.

Irwan Nasir sendiri telah membenarkan dirinya akan digantikan oleh Gubernur Riau terpilih, Syamsuar, untuk memimpin DPW PAN Riau. Irwan mengatakan, keputusan itu merupakan bentuk kesepakatan dan diskusi yang panjang bersama pejabat yang kini masih berstatus sebagai Bupati Siak itu.

Menanggapi hal itu, kader yang juga merupakan Wakil Ketua DPW PAN Riau, Musyaffak Asikin, mengapresiasi niat Irwan Nasir tersebut. "Saya mengacungkan jempol atas niat Ketua DPW PAN Riau Irwan Nasir untuk menyerahkan kendali kepemimpinan DPW PAN Riau ke Pak Syamsuar," ungkap Musyaffak kepada Riaumandiri.co, Kamis (19/7/2018).

Menurutnya, komitmen tersebut harus segera direalisasikan dalam waktu dekat, dan tidak sebatas wacana saja. Apalagi hal ini sudah terpublikasi luas di masyarakat melalui media massa.

"Tapi yang kita minta, ini betul-betul konsisten. Keinginan Pak Irwan Nasir ini barus diwujudkan. Jangan hanya sekadar ngomong ke media saja, tapi buktikan bahwa DPW PAN itu betul-betul diserahkan ke Pak Syamsuar," lanjut anggota DPRD Riau itu.

Harapan Musyaffak itu bukan tanpa alasan. Menurutnya, dengan pergantian tampuk kepemimpinan tersebut, akan memberikan pengaruh yang besar terhadap kemajuan PAN ke depan. Apalagi dalam waktu dekat akan digelar pesta demokrasi, pemilihan legislatif, dan pemilihan presiden.

"Apalagi ini mengingat pemilu. Seorang gubernur menjadi ketua partai jelas ini ikon, dan punya pengaruh besar terhadap konstituen di bawah," lanjut legislator asal Indragiri Hilir itu.

Dia menambahkan, dengan menjadi petinggi PAN, Syamsuar nantinya akan mampu mengendalikan posisi kursi strategis mereka terutama di DPRD Riau. "Jadi sebagai anggota Fraksi PAN (DPRD Riau), saya mendukung sepenuhnya (pergantian Ketua DPW PAN Riau). Saya acungkan jempol untuk Pak Irwan Nasir kalau ini memang betul-betul bisa diwujudkan," pungkas Musyaffak Asikin.

Sebelumnya, Bupati Siak Syamsuar direncanakan akan segera mengemban amanah sebagai Ketua DPW PAN Riau menggantikan Bupati Kepulauan Meranti Irwan Natsir.

Hal itu sebagai yang pernah disampaikan oleh Wakil Ketua DPW PAN Sunaryo. Dikatakannya, keputusan ini merupakan komitmen antara Syamsuar dengan DPP PAN saat kepindahan Syamsuar dari Golkar ke PAN.

"Beliau (Syamsuar) akan jadi Ketua DPW PAN kalau berhasil meraih kursi Riau 1. Itu komitmen kita dari awal," ungkap Sunaryo, beberapa waktu lalu.


Reporter: Dodi Ferdian
 


Tags PARTAI

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar