Riau

Desa Seberang Taluk Wakili Kuansing di Perlombaan Desa Tingkat Provinsi

Kabid PMD Kabupaten Kuansing, Napisman, Ketua Tim Penilai Provinsi Riau, Aswandi, Camat Tengah, Refendi Zukman, dan Kepala Desa Seberang Taluk.

RIAUMANDIRI.CO, TELUK KUANTAN - Tim penilai lomba desa Tingkat Provinsi Riau tahun 2018 mendatangi Kantor Kepala Desa Seberang Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah dalam rangka penilaian administrasi, kelembagaan, BPD dan PKK Desa, Jumat (20/7/2018).

Kepala Desa Seberang Taluk, Emil Harda mengatakan, kedatangan 7 orang tim penilai dari provinsi yang diketua Iswandi di Desa Seberang Taluk ini dalam rangka menilai Desa Seberang Taluk yang merupakan satu-satunya desa yang mewakili Kabupaten Kuansing dalam Lomba Desa tingkat Provinsi Riau.

"Pada perlombaan desa tingkat Kabupaten, dari 218 Desa di Kabupaten Kuansing hanya 15 saja yang mengikuti perlombaan tersebut, salah satunya Desa kami ini. Alhamdulillah, Desa Seberang Taluk dipilih oleh Pemerintah Daerah untuk mewakili lomba Desa Tingkat Provinsi Riau," ujar Emil Harda.

"Kami berharap agar Desa Seberang Taluk nantinya dapat keluar sebagai Juara I tingkat hProvinsi Riau," harapnya.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Muharlius yang diwakili oleh Kabid Pemberdayaan dan Desa, Napisman dalam kesempatan itu menutarakan, jika terpilihnya Desa Seberang Taluk pada lomba tingkat provinsi ini berdasarkan beberapa faktor yang cukup menonjol yang dijadikan sebagai pertimbangan.

Pertama, yaitu sesuai dengan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 81 Tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, bahwanya Desa Seberang Taluk Kecamatan Kuantan Tengah mendapat penilaian tertinggi setelah dilakukan penilaian dengan dibuktikan dengan dokumen-dokumen pendukungnya.

Kedua, untuk bidang kesehatan masyarakat, Desa Seberang Taluk telah memiliki sarana dan prasarana kesehatan yang memadai, seperti adanya puskesmas pembantu, posyandu, dan pos kesehatan lainnya. Begitu pula dengan kesadaran masyarakatnya akan kesehatan telah cukup baik.

Ketiga di bidang pendidikan, desa ini telah memiliki sarana dan prasarana pendidikan yang memadai, serta tingkat kesadaran masyarakat tentang pentingnya pendidikan sudah cukup tinggi.

"Beberapa faktor itulah pemerintah daerah menunjuk Desa Seberang Taluk untuk mewakili Kabupaten Kuansing di perlombaan desa Tingkat Provinsi Riau," ucapnya.

Sementara Ketua Tim Penilai Provinsi Riau, Aswandi mengatakan, penilaian lomba desa merupakan tindak lanjut dari evaluasi perkembangan desa dan kelurahan yang dimulai dari evaluasi tingkat Desa, dan tingkat kecamatan dan analisis, vagitasi, peninjauan, klarifikasi dan tingkat kabupaten dan kota dan seterusnya hingga lomba Desa tingkat Nasional.
 
"Tujuan dari tim juri adalah, jika ada kekurangan dan kelemahan dari desa ini, tim akan memberi masukan untuk diperbaiki agar menjadi Desa mandiri," terang Aswandi.

Hadir dalam kegiatan ini, Camat Kuantan Tengah Refendi Zukman, Kepala Desa Tetangga, BPD Desa Seberang Taluk, dan sejumlah masyarakat Desa Seberang Taluk.

Reporter: Suandri 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar