Pekanbaru

PDAM Tirta Siak Klaim Aspek Pelayanan Mulai Membaik

Kemas Yusferi

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Aspek pelayanan di Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Tirta Siak sudah mulai membaik seiring dengan terus bertambahnya sistem perpompaan. Mulai dari intake sampai pompa distribusi, sebagai pengganti pompa- pompa yang sudah tidak efisien dan sering rusak. 

Hal itu disampaikan Plt Direktur PDAM Tirta Siak, Kemas Yusferi, Minggu (22/7) ketika dikonfirmasi terkait perkembangan pelayanan di PDAM hingga saat ini.

"Sejak tahun 2015 - 2017, PDAM Kota Pekanbaru sudah mulai membaik dari aspek pelayanan, penambahan pipa juga terus diupayakan. Sehingga secara perlahan PDAM mulai mampu meningkatkan kepercayaan pelanggan dan menambah pelanggan baru," jelasnya.

Keberhasilan dibuktikan dengan relatif stabilnya jumlah pelanggan yang ada saat ini. Menurutnya, secara berangsur pelanggan baru mulai bertambah. Pelanggan dengan sambungan rumah lama juga sudah banyak yang menyambung kembali.

Meski dalam beberapa hal PDAM harus melakukan tindakan tegas, salah satunya memutus sambungan rumah ilegal dan menertibkan dari pencurian air.

Rendahnya kepercayaan masyarakat menjadi pekerjaan yang harus segera dituntaskan, sebab mereka menjadi eleman penting dalam kemajuan perusahaan. Secara umum, karena faktor keterbatasan pengembangan sistem jaringan pipa, sistem perpompaan dan elemen pendukung pelayanan lain, membuat PDAM kehilangan sebagian pelanggannya.

Tahun 2002, PDAM Kota Pekanbaru masih memiliki pelanggan lebih dari 24.000 SR, namun karena pelayanan yang belum membaik, membuat sebagian pelanggan meminta berhenti berlangganan. Kondisi itu diperparah oleh kehilangan air akibat kerusakan pipa, tidak efisiensi bekerjanya IPA dan perpompaan yang juga semakin tua.

Ditanya, berapa cakupan wilayah kerja dan pelanggan PDAM, dari 12 kecamatan yang ada di Pekanbaru, Kemas, menjawab terdiri dari delapan kecamatan, meliputi Rumbai, Rumbai Pesisir, Payung Sekaki, senapelan, Pekanbaru Kota, Sukajadi, Sail dan Kecamatan Limapuluh. 

Berdasarkan data yang disampaikan, jumlah pelanggan sampai tahun 2018, sebanyak 12.468 SR. Dengan rincian pelanggan baru 1.158, penyambungan kembali 67 SR dan pelanggan putus 1.257 SR.

Reporter: Suherman


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar