Proses Pelantikan Februari 2019

Sah! Syamsuar-Edy Nasution akan Pimpin Riau 2019-2024

Ketua KPU Riau, Nurhamin menyerahkan berkas berita acara dan surat keputusan kepada pasangan Gubernur dan wakil Gubernur Riau terpilih Syamsuar dan Edy Nasution pada rapat pleno terbuka KPU

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau akhirnya menetapkan pasangan calon Syamsuar-Edy Afrizal Natar Nasution sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih periode 2019-2024. Selanjutnya pasangan ini menunggu jadwal pelantikan yang dilakukan pada Februari 2019 mendatang.

Penetapan pemenang pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Riau pada 27 Juni 2018 lalu itu digelar di Ballroom Hotel Arya Duta Pekanbaru, Selasa (24/7).

Paslon yang dengan nomor urut 1 ini berhasil meraup 799.289 suara pada pesta demokrasi itu. Raihan suara yang diperoleh pasangan yang diusung Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu mengungguli tiga kompetitornya, yaitu Lukman Edy-Hardianto dengan nomor urut 2, Firdaus-Rusli Effendi dengan nomor urut 3, dan Arsyadjuliandi Rachman-Suyatno dengan nomor urut 4.

Dikatakan Ketua KPU Riau, Nurhamin, rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon terpilih ini dilakukan secara sederhana dan singkat. Rapat pleno hanya berlangsung sekitar 15 menit. "Rapat pleno ini cukup sederhana. Kita hanya menyerahkan Berita Acara dan SK (Surat Keputusan,red) dari MK (Mahkamah Konstitusi,red)," ungkap Nurhamin.

Syamsuar bersama Pemimpin Redaksi Riaumandiri.co, Mohd Moralis usai rapat pleno KPU

Dalam rapat pleno ini, KPU Riau sebagai penyelenggara Pilkada, telah mengirimkan undangan kepada berbagai instansi. Termasuk kepada keempat paslon. Namun hingga pleno berakhir, hanya pasangan Syamsuar-Edy Nasution yang terlihat. 

"Kita juga sudah mengundang pasangan lainnya untuk hadir dalam rapat pleno ini. Tapi semuanya berhalangan. Namun tim dari paslon 2, 3 dan 4 hadir disini," kata Nurhamin.

Setelah penyerahan SK, Nurhamin merasa sangat bersyukur bahwa pelaksanaan Pilkada Riau berjalan lancar, dimulai dari awal tahapan hingga penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau terpilih.

"Ujung tahapan itu adalah penetapan calon terpilih setelah proses tahapan sebelumnya. Baik rangkaian pasca perhitungan suara dan ruang gugatan ke MK juga tidak dilakukan. Hari ini  adalah penetapan calon terpilih tanpa ada gugatan," lanjut dia.

Dengan telah ditetapkannya pemenang pada Pilkada Riau, maka Syamsuar dan Edy Nasution dinyatakan sah sebagai pemimpin Riau lima tahun mendatang. Selanjutnya, pasangan ini tingga menunggu proses pelantikan yang dijadwalkan digelar pada Februari 2019 mendatang.

Reporter: Dodi Ferdian


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar