Hukrim

Rekam Jejak Zainudin Hasan, Adik Ketua MPR yang Ditangkap KPK

Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan. (Dok. Pemkab Lampung Selatan)

RIAUMANDIRI.CO, JAKARTA - Bupati Lampung Selatan Zainudin Hasan bersama 6 orang lainnya terkena operasi tangkap tangan (OTT) KPK. Zainudin tak lain merupakan adik Ketua MPR Zulkifli Hasan.

Dikutip dari situs Pemkab Lampung Selatan, Zainudin merupakan putra asli Lampung Selatan. Dia lahir pada 12 Januari 1965 di Desa Pisang, Kecamatan Penengahan.

Masa kecil hingga remaja Zainudin dihabiskan di sekitaran Kota Kalianda, Ibu Kota Kabupaten Lampung Selatan. Saat duduk di bangsu SMA, Zainudin pindah ke Jakarta dan lulus dari SMAN 53, Jakarta Timur.

Soal pendidikan, Zainudin mendapatkan gelar doktor dalam kurun waktu delapan tahun setelah lulus SMA. Gelar itu diraihnya pada 2005 di Universitas Negeri Jakarta.

Saat ini Zainudin menjabat sebagai Ketua DPW Partai Amanat Nasional (PAN) Lampung. Selain sebagai birokrat dan politisi, Zainudin pernah menjadi dosen, pengacara, dan pengusaha.

Berpasangan dengan Nanang Ermanto, Zainudin menjabat sebagai Bupati-Wakil Bupati Lampung Selatan untuk periode 2016-2021.

Zainudin terkena OTT KPK pada Kamis (26/7) malam. Dalam OTT itu diamankan uang tunai sebesar Rp 700 juta. Zainudin dan 6 orang lainnya diduga terlibat kasus suap terkait proyek infrastruktur di Lampung Selatan. Saat ini mereka masih diperiksa intensif di Polda Lampung.


Tags Korupsi

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar