Laporan Langsung Nurmadi dari Madinah

JCH Asal Riau Ziarah ke Makam Rasulullah

JCH asal Riau bersama jutaan jamaah lainnya dari penjuru dunia keluar dari makam Nabi Muhammad SAW (Foto: RMC/Nurmadi)

RIAUMANDIRI.CO, MADINAH - Ribuan Jamaah Calon Haji (JCH) asal Indonesia sudah memasuki Kota Madinah. Termasuk JCH asal Riau gelombang pertama, yakni kloter 2 hingga kloter 9, dari berbagai Kabupaten/Kota.

Seperti dilaporkan Nurmadi, wartawan Riaumandiri.co, langsung dari Kota Madinah, selama berada di Madinah, seluruh jamaah melaksanakan salat wajib lima waktu di Masjid Nabi Muhammad SAW, Masjid Nabawi. Atau selama 40 waktu melaksanakan salat yang biasa disebut Arbain. 

Arbain ini merupakan salat 40 waktu secara berturut-turut dan tidak ketinggalan takbiratul Ikram bersama Imam. Dimana para jamaah haji meyakini bahwa amalan ini akan membuat mereka terbebas dari neraka dan kemunafikan.

Bagi JCH asal Riau, untuk melaksanakan Arbain boleh dikatakan dipermudah, karena jarak tempuh dari hotel tempat penginapan mereka tidak lah begitu jauh, hanya berjarak 300 meter dari hotel.  

Dua jam menjelang masuk waktu salat wajib, JCH sudah mulai bergerak ke Masjid Nabawi. Hal ini dilakukan agar bisa melaksanakan salat di dalam masjid. Jika terlambat maka hanya dapat salat di halaman masjid. 

Di Masjid Nabawi ini, jutaan jamaah dari berbagai penjuru dunia juga melaksanakan hal yang sama melaksanakan Arbain. Madinah memiliki kedudukan yang tinggi dalam sejarah penyebaran Islam, di tempat inilah Nabi Muhammad SAW berhijrah untuk kemudian menghabiskan umur beliau dalam menyebarkan dakwah Islam.

Tidak hanya melaksanakan salat lima waktu sehari semalam di Masjid Nabawi, para jamaah juga menyempatkan diri untuk berziarah ke makam Baginda Nabi Muhammad SAW yang tidak jauh dari itu, bukti kecintaan jamah kepada Nabi Muhammad SAW. Makam nabi hanya berjarak 50 meter, berada tepat di samping masjid atau di sebut Rauda.

Di makam Rasulullah, jamaah mengucapkan “Assalamualaika ya Rasulullah” dan sambil mengucapkan shalwat bagi Rasulullah. Walaupun berdesakan dengan jutaan jamaah lain dari seluruh penjuru dunia, jamaah asal Riau tetap berziarah ke makam Nabi Muhammad SAW.

Raudah merupakan karpet yang ditandai berwarna hijau, di antara mimbar nabi merupakan taman syurga. Makam Nabi merupakan tempat di mana Nabi wafat, dan kamar tersebut juga merupakan kamar Istri beliau, Aisyah. Di makam nabi ini juga terdapat makam sahabat Nabi, Abu Bakar As Sidik yang  juga ayah dari Aisyah, serta makam sahabat Nabi, Abdullah.

Salah seorang jamaah Riau asal Rumbai, Pekanbaru, Abdullah Rizal, dengan umur yang telah memasuki usia senja, 72 tahun, tetap kuat menjalani Arbain di Masjid Nabawai. Bagi dirinya, berada di Kota Madinah seolah telah berada bersama Rasulullah. 

Alhamdulillah, saya Insya Allah tetap semangat melaksanakan ibadah. Usia saya sudah tua tapi dengan doa dan ikhlas saya bisa menjalani ibadah. InsyaAllah saat di Mekkah menjalani yang wajib juga diberikan kesehatan,” harapan Abdullah Rizal saat berbincang dengan Riaumandiri.co

Sementara itu, untuk kondisi JCH asal Riau selama di Madinah sampai saat ini masih dalam kondisi sehat. Namun ada beberapa jamaah yang harus dirawat di hotel karena kelelahan dan memang sudah tua. Sehingga harus menjalani istirahat untuk persiapan mengikuti prosesi haji yang wajib di Mekkah.

 

Reporter: Nurmadi




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar