Riau

Kembali Ditemukan Empat Hot Spot di Inhu

Ilustrasi

RIAUMANDIRI.CO, RENGAT - Belum lagi tuntas pemadaman di Desa Penyaguhan, Kecamatan Batang Gansal, Indragiri Hulu, satelit kembali menangkap tiga hot spot diduga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Inhu. Koordinat menunjukkan pada Desa Talang Jerinjing Rengat Barat, Desa Semelinang Tebing Kecaamatan Peranap, Desa Rengin, Kecamatan Batang Gansal dan Desa Alim, Kecamatan Batang Cenaku.

Menurut Camat Rengat Barat, Hendri Djasnur, MSi untuk kebakaran di Desa Talang Jerinjing yang diperkirakan seluas 1 hektare sudah dapat teratasi. "Terakhir ditemukan api tinggal 5x180 meter dan informasi terakhir, api sudah padam," tegas Hendri.

Lahan merupakan lahan masyarakat milik Kardi, warga setempat. Namun potensi untuk meluas sangat kecil atau rendah dengan kedalaman gambut 3-4 meter dengan vegetasi semak belukar dan sawit.

Ditemukannya hot spot berdasarkan satelit tersebut juga diakui Kepala Kantor Penanggulanggan Bencana Daerah (KPBD) Inhu, R Agus Widodo. "Setelah mendapatkan informasi tersebut tim langsung melakukan pemantauan sesuai koordinat. Hingga saat ini belum ditemukan adanya titik api sesuai dengan koordinat yang ada," tegas Widodo.

Diakui Widodo, pihaknya sangat kewalahan dengan kondisi alam yang ada. Penelusuran ssesuai koordinat sangat memakan waktu dan tenaga ekstra karena sesuai koordinat, tidak terdapat jalan yang bisa dilalui dengan kendaraan, sehingga harus menelusuri dengan perjuangan untuk menemukan titik api, belum lagi jika ternyata hot spot tersebut tidak benar.

Diakuinya lagi, untuk pemadaman di Penyaguhan, masih mengalami kesulitan karena api terus menyebar dengan kedalaman gambut 3-4 meter. Dilokasi juga kesulitan untuk melakukan pemadaman karena sulit untuk menemukan sumber air.

"Kami berharap akan turun hujan, namun hingga saat ini tak kunjung tiba," ucapnya.

Sebelumnya, diceritakan mantan Plt Kadis Sosial ini bahwa di Batang Gansal sempat turun hujan lebat di saat tim beristirahat dan ini membuat gembira tim seluruhnya.

"Seperti merayakan kemenangan pertandingan. Namun saat kembali  ke Lokasi, ternyata di lokasi tidak setitik pun turun hujan. Akhirnya kegembiraan hilang, berganti dengan kerja keras kembali," ungkapnya.

Disebutkannya juga, terakhir ada dugaan kebakaran tersebut disengaja oleh pemiliknya dan saat ini sudah dalam pemeriksaan pihak Polres Inhu dan belum diketahui apa yang menjadi hasilnya karena sudah menjadi wewenang pihak Kepolisian.


Reporter: Eka Buana Putra


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar