Riau

Begini Kemeriahan Arak-arakan Obor Asian Games di Kota Siak

Bupati Siak Syamsuar saat menyambut obor api Asian Games 2018 yang kemudian diarak keliling Siak, Rabu (1/8/2018)malam. (Foto: RMC/Effendi)

RIAUMANDIRI.CO, SIAK - Obor api Asian Games 2018 tiba di Kabupaten Siak pada Rabu (1/8/2018) malam setelah mendarat di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Rabu sore.

Obor api Asian Games yang kawal dari Kota Pekanbaru ini sampai di Kediaman Bupati Siak sekitar pukul 19.15 WIB yang disambut dengan alat musik kompang.

Dari gerbang kediaman, rombongan pembawa tinder box (lentera) yang dipimpin oleh Marsekal Pertama TNI Eko Dono dan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau, Doni Aprialdi menyerahkan lentera ke Bupati Siak Syamsuar.

Pejabat yang mendampingi di antaranya Wakil Bupati Alfedri, Ketua DPRD Indra Gunawan, Kapolres Siak AKBP Ahmad David, Ketua Pengadilan Negeri dan unsur Forkopimda lainnya.

Setelah disambut Bupati Siak Syamsuar, obor dibawa berlari secara estafet menuju Istana Siak untuk acara puncak di lapangan Siak Bermadah.

Setelah dinyalakan Bupati Siak Syamsuar, obor api diserahkan ke Kapolres Siak AKBP Ahmad David SIK sebagai pembawa obor pertama berjarak 500 meter.

Kemudian dilanjutkan Dandim 0303 Bengkalis - Kepala Kejaksaan - Ketua Pengadilan Negeri - Perwira Penghubung Kodim 0303 Bengkalis - Wakapolres Siak - Sekretaris Daerah - Wakil Bupati dan terakhir Ketua DPRD Indra Gunawan ke Bupati Siak di depan Istana Siak.

Dari depan Istana Siak obor api dibawa berlari Bupati Siak Syamsuar ke lapangan Siak Bermadah untuk acara puncak yang diisi dengan atraksi budaya dan hiburan.

Selama di perjalanan ribuan anak sekolah dasar hingga sekolah menengah atas menyambut obor dengan meriah sambil berdiri di tepi kiri jalan yang dilintasi rombongan.

Setelah acara puncak, sembilan atlet Siak berprestasi beserta 10 TNI dan 10 petugas kepolisian akan mengarak obor api hingga jembatan Sultanah Latifah dengan melewati beberapa situs sejarah Kesultanan Siak seperti Makam Koto Tinggi, Tepian Bandar Sungai Jantan, Mesjid Syahabuddin, Makam Pahlawan Sultan Syarif Kasim II, Makam Syekh Abdurrahman, dan Ruang Hijau Tengku Syarifah Aminah, Gedung Daerah SSK II, LAMR Siak, Mesjid Sultan Syarif Hasyim Islamic Center Madinatul Ulum.

Dari jembatan Siak, obor Asian Games akan bertolak ke Kota Pekanbaru untuk disemayamkan hingga pagi di Gedung Daerah sebelum diarak keliling kota Kamis (2/8/2018) pagi ini.

 

Reporter: Effendi




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar