Riau

Seluas 2 Hektare Lahan TNBT di Inhu Terbakar

Seluas 2 Hektare Lahan TNBT di Inhu Terbakar

RIAUMANDIRI.CO, RENGAT - Seluas kurang lebih 2 hektare lahan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT) yang berada di dusun Datai, Desa Rantau Langsat, Kecamatan Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu - Riau, Minggu (5/7) hangus terbakar. Namun beruntung api cepat padam dan tidak menyebar.

Kebakaran dengan titik koordinat S -1.01392173767, E 102.543632507 telah dipastikan groundcheck hotspot oleh tim dari TNI, Polri, Manggala Agni, dan petugas TNBT serta Masyarakat Peduli Api (MPA). Ternyata benar kebakaran tersebut terjadi dengan confident kebakaran 82 persen. 

Personil yang turun yakni Rio M Tambunan (MA), Rustam Sitompul (TNI) , Bripka Rahmatsyah putra (POLRI) , Poltak Alimadan Harahap (Polhut TNBT), Al Ikromul Hanafi (Polhut TNBT) dan Romansyah (MPA). Pengecekan dilakukan dengan menggunakan, 1 unit klx Manggala Agni, 1 unit klx Polri serta 2 unit klx TNBT.

Dikatakan Rio M Tambunan, kegiatan tersebut dilakukan untuk menindak lanjuti informasi dari markas Daops bahwa telah terpantau hotspot pada Sabtu, 4 Agustus 2018 pada pukul 16.30 WIB, dengan level confidence 66%  dan 82 % melalui satelit aqua.

"Setelah koordinat di-overlay-kan ke peta wilayah kerja posko Sungai Akar aplikasi pdf maps, kedua titik kordinat tepatnya berada di Desa Sungai akar dan berada di kawasan Taman Nasional Bukit Tiga Puluh (TNBT)," jelasnya.

Tim berkoordinasi dengan kepala resort siambul TNBT untuk mencari informasi keberadaan hotspot. Menurut keterangan dari Kepala Resort Siambul, Hotspot berada di dusun Datai.

Sesuai dengan koordinasi dengan pihak TNBT, pagi tanggal 5 Agustus 2018 Tim Patdu bersama sama dengan Tim TNBT melakukan groundcheck menuju lokasi hotspot. 

Setelah lebih kurang 3 jam setengah perjalanan tim sampai di Dusun Datai. Dikarenakan tidak ada lagi akses jalan untuk roda dua, tim melanjutkan perjalanan menuju hotspot dengan berjalan kaki. 

"Sekitar 1 jam berjalan kaki, tim sampai ke hotspot dengan confidence 82%. Ditemukan bekas kebakaran dengan luas lebih kurang 2 Ha dan sudah padam. Untuk Hotspot 66%, tim tidak menemukan bekas kebakaran, yang ditemukan hanya kebun karet tua milik masyarakat," tambahnya. 

Reporter: Eka BP




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar