Pekanbaru

5.590 Calon Mahasiswa UIR Ikuti Seleksi Masuk Gelombang II

Suasana kunjungan Rektor bersama Wakil-wakil Rektor dan Kepala Biro ke Fakultas untuk melihat tes masuk calon mahasiswa baru Gelombang II.

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Universitas Islam Riau menseleksi calon mahasiswa baru tahun ajaran 2018/2019. Sebanyak 5.590  calon, pada Senin (6/8/2018) pagi pukul 09.00-11.00 menjalani tes tertulis Gelombang II. Jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu. Pada 2017 jumlah mahasiswa yang ikut tes di Gelombang II tercatat 4.464 atau naik 1.126 orang.

Tes yang berlangsung dua hari di setiap fakultas dan GOR Volly itu berjalan lancar, serta mendapat apresiasi Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi, SH, MCL. Juga Wakil Rektor I Dr H Syafhendry, Wakil Rektor II Ir H Asrol dan Wakil Rektor III Ir H Rosyadi.

Rektor Syafrinaldi bersama Wakil-wakil Rektor dan Kepala-kepala biro memantau langsung pelaksanaan test di setiap fakultas. Selain memeriksa kondisi ruangan dan materi testing, Rektor juga berbincang serius dengan Dekan-dekan dan pengawas pada masing-masing tempat yang dikunjungi.

Lokasi pertama yang dikunjungi Rektorat adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Menyusul Fakultas Hukum,  Ekonomi, GOR Volly dan FKIP. Dalam kunjungan itu, ia didampingi Wakil Rektor II Asrol, Wakil Rektor III Rosyadi, Kepala Lembaga Penjamin Mutu Agusnimar, Kepala Biro Administrasi Umum dan Personalia Zakir Has, Kepala Biro Keuangan Azwirman, Kepala Biro BAAK Akmar Efendi, serta Kabag Humas dan Protokoler Syafriadi.

Tes hari pertama dilaksanakan untuk calon mahasiswa bidang kemampuan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Mereka menjalani test selama dua jam untuk mata pelajaran, meliputi Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Pengetahuan Sosial lainnya serta ilmu keagamaan. Sementara Selasa (7/8/2018) besok tes tertulis dilaksanakan untuk kelompok Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Rektor UIR Syafrinaldi menyatakan, jumlah mahasiswa baru yang mendaftar di Gelombang II naik dibanding tahun lalu. Tahun 2017, pendaftar yang mengikuti ujian seleksi Gelombang II mencapai 4.464 orang.

Tak dijelaskan penyebab naiknya peminat di gelombang kedua. ''Alhamdulillah target jumlah mahasiswa Gelombang II naik dari tahun lalu. Kita syukuri sebagai sebuah rahmat dan anugerah. Masyarakat masih mempercayai anak-anaknya kuliah di UIR,'' kata Rektor.

Hal senada ditegaskan Wakil Rektor Bidang Akademik Syafhendry. Menurut Ketua Panitia Pelaksana Penerimaan Mahasiswa Baru UIR ini, pihaknya berusaha semaksimal mungkin memberi layanan kepada calon mahasiswa agar mereka dapat mengikuti test dengan tenang dan penuh konsentrasi. 

''Kita terus lakukan evaluasi atas fasilitas yang tersedia yang dipergunakan calon mahasiswa untuk testing. Mulai dari fasilitas di dalam kelas termasuk di Gedung Olahraga. Aspek keamanan berlalu lintas dan parkir di lingkungan kampus juga menjadi perhatian kita. Semua sekurity kita kerahkan mengamankan kendaraan peserta test,'' kata Syafhendry kepada wartawan di Kampus UIR usai monitoring bersama Rektorat, Senin (6/8/2018) siang.

Soal rencana dibukanya Gelombang III, Syafhendry belum dapat memastikan. Semua terpulang pada hasil evaluasi Gelombang II. Menurut Syafhendry, tak tertutup kemungkinan dibukanya Gelombang II tetapi hanya pada program studi yang quotanya masih tersedia. 

''Gelombang III hanya mungkin dibuka terhadap prodi yang belum terpenuhi. Itupun belum pasti, kita evaluasi terlebih dahulu hasil Gelombang II,'' kata Syafhendry didampingi Wakil Rektor II dan III.




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar