Riau

Mengintip Kesiapan Anggota Paskibraka Inhil 2018

Pelatih dan Anggota Paskibraka Inhil 2018 (Foto: RMC/Mok)

RIAUMANDIRI.CO, TEMBILAHAN - Dalam rangka persiapan Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 Tahun tepatnya pada tanggaI 17 Agustus 2018 mendatang, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) terus mematangkan persiapan dengan menggelar pelatihan Paskibraka setiap pagi hingga sore hari, di Lapangan Gajah Mada Tembilahan.

Pelatihan Paskibraka ini dilatih langsung oleh anggota Polres Inhil, TNI dari Kodim 0314 Inhil, beserta OPD terkait.

"Peserta Paskibraka untuk tahun 2018 ini diikuti oleh 32 personel yang berasal dari siswa-siswi tingkat SMA/SMK/MA, perwakilan dari masing-masing sekolah yang ada di Kabupaten Inhil. Formasi barisan pasukan pengibar bendera pusaka nantinya terdiri dari 15 orang putri dan 17 orang putra," kata Kasi Pembinaan Generesi Muda Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga dan Kebudayaan Inhil, H. Abdullah, Selasa (7/8/2018). 

Ia menyebutkan, menjadi anggota Paskibraka merupakan kesempatan yang patut disyukuri dan dibanggakan bersama, karena mengingat banyaknya nilai-nilai positif yang bisa diperoleh dari pelatihan ini. 

"Selain kedisiplinan, para peserta juga akan memperoleh pengalaman untuk bekerja secara teamwork dan berkoordinasi dengan anggota Paskibraka lainnya," tambah dia.

Karena itu, gemblengan dari para pengajar dan Pembina dari TNI dan Polri merupakan salah satu upaya meningkatkan kesiapan fisik dan mental.

Lebih lanjut, H. Abdullah juga mengatakan, dalam pelaksanaan detik-detik Proklamasi nanti, baik itu penaikan bendera maupun penurunan bendera, anggota Paskibra yang dilatih ini bakal menjadi pusat perhatian oleh semua orang.

“Karena itu, kami berharap agar kepada anggota paskibraka dapat menghindari kesalahan sekecil mungkin. Sebab kalau sudah salah, maka arus kesalahan tersebut akan terbawa kepada peserta lain, Maka untuk menghindari kesalahan tersebut, adik-adik harus menerapkan displin yang tinggi, saat berlatih harus fokus, semangat, displin, kompak dan bisa menjaga kesehatan dengan baik kemudian ikuti intruksi instruktur,” terangnya.

Sedangkan menurut salah satu Tim pelatih yakni Serka Zen Aliyanus yang juga merupaka  Anggota Kodim 0314/ Sebagai Pelatih Paskibraka Inhil 2018 menyebutkan, untuk pelatihan hari ini, latihan dasar, jalan ditempat, langkah tegap dan kerangka perkelompok 17 dan 8 dan formasi dibentuk sesuai tema angka 73 samping kiri tiang bendera

Untuk pelatihan hari ini memasuki hari ke-8, tinggal menentukan siapa-siapa membawa baki, kelompok 8 Siapa dan kelompok 17. Sejauh ini mereka sudah ada peningkatan dari awal-awal mereka masuk.

"Kita berharap kepada adik-adik Paskibaraka Inhil tahun 2018 yang sedang kita latih, mereka harus lebih sukses, gerakan lebih bagus, dan setelah keluar dari paskibraka harus bisa membawa nilai-nilai terbaik kembali ke sekolah dan ke keluarga," imbuhnya.

Reporter: Herman




Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar