Riau

AKN Bengkalis Kembali Unjuk Taji di Kancah Nasional

Mahasiswa Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bengkalis

RIAUMANDIRI.CO, BENGKALIS – Mahasiswa Akademi Komunitas Negeri (AKN) Bengkalis kembali berhasil mengharumkan nama daerah pada ajang bertaraf nasional, National Welding Competition (NWC) atau Kompetisi Pengelasan Nasional. Utusan AKN Bengkalis berhasil menyabet posisi terbaik III dan V untuk kategori Pipa GTAW 1 G.

Sementara terbaik I, II IV dan VI masing-masing diraih Politeknik Negeri Cilacap, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya Politeknik Negeri Lhoksemawe dan Politeknik Negeri Medan. Dikategori Plate GMAW 3 G, Plate GMAW 2 G, dan Plate GTAW 1 G, mahasiswa AKN Bengkalis  berhasil menjadi terbaik V, IV dan VI.

Menurut Ketua AKN Bengkalis, Alfansuri, pada NWC 2018 yang ditaja Welding Training Center Politeknik Negeri Medan, Sumatera Utara pada 6-9 Agustus lalu, ada 7 kategori yang dilombakan. Empat kategori lainnya Pipa SMAW 2 G, Pipa SMAW 3 G dan Plate SMAW 3G.

“NWC 2018 diikuti 26 Perguruan Tinggi. AKN Bengkalis satu-satunya dari perwakilan dari Akademi Komunita Indonesia. Sedangkan utusan dari dari Riau ada 2 perguruan tinggi yakni AKN Bengkalis dan Politeknik Caltex Riau (PCR) Pekanbaru,” terang Alfansuri, sebagaimana Kamis kemarin, 9 Agustus 2018, seperti dikutip dari website AKN Bengkalis.

Secara keseluruhan, kata Alfansuri lagi, pada NWC 2018 ini, 10 dari 11 utusan AKN Bengkalis mampu masuk di 10 besar (finalis) pada enam dari 7 kategori yang dikompetisikan. Yakni, Pipa SMAW 2 G, Pipa SMAW 5 G, plate GMAW 3 G, Plate GMAW 2 G, Pipa GTAW 1G dan Plate GTAW 1G.

Apa yang diraih mahasiswa AKN Bengkalis pada ajang NWC 2018 di Politeknik Medan ini, tentu harus menjadi sebuah sebuah kebanggaan bagi seluruh lapisan masyarakat di kabupaten berjuluk Negeri Junjungan ini.

Pasalnya, meskipun ada yang menganggapnya “masih kecil” dan keberadaannya “baru setahun jagung”, tetapi AKN Bengkalis sudah bisa disejajarkan Politeknik-Politeknik besar di Indonesia.

Berikut hasil lengkap NWC 2018 di Medan. Untuk Kategori Pipa SMAW 2 G, terbaik I-VI, masing-masing diraih Politeknik Manufaktur Bangka Belitung, Politeknik Negeri Payakumbuh, Politeknik Negeri Samarinda, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Balikpapan dan Politeknik Negeri Medan.

Di kategori Pipa SMAW 5 G, disabet Politeknik Manufaktur Negeri Bangka Belitung, Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Madura, Politeknik Negeri Ujung Pandang, Politeknik Negeri Medan, dan Politeknik Negeri Lhoksemawe.

Untuk kategori Plate SMAW 3G, tempati Politeknik Negeri Batam, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Banyuwangi,  dan Politeknik Negeri Jakarta.

Lalu untuk kategori Plate GMAW 3 G, pemenang I-VI diraih Politeknik Negeri Medan, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Malang, Politeknik Negeri Batam, AKN Bengkalis dan Politeknik Manufaktur Negeri Bandung

Untuk kategori Plate GMAW 2 G, diraih Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Madura, Politeknik Negeri Medan, AKN Bengkalis, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, dan Politeknik Negeri Lhoksemawe.

Selanjut untuk kategori Pipa GTAW 1 G, direbut Politeknik Negeri Cilacap, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, AKN Bengkalis, Politeknik Negeri Lhoksemawe, AKN Bengkalis, dan Politeknik Negeri Medan.

Terakhir, untuk kategori Plate GTAW 1 G, diraih Politeknik Negeri Medan, Politeknik Negeri Medan,  Politeknik Manufaktur Negeri Bandung, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, Politeknik Negeri Madura, dan AKN Bengkalis. 

Reporter: Usman


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar