Pekanbaru

Diskes Siap Terima Aduan Terkait Pemberian Vaksin MR

Ilustrasi pemberian vaksin MR

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Dinas Kesehatan Kota Pekambaru siap menerima aduan masyarakat terkait pemberian imunisasi vaksin Measles Rubella (MR). Meski tidak membuka posko resmi, namun setiap aduan yang masuk ke Puskesmas atau ke Diskes akan segera ditangani.

"Jika ada permasalahan yang menyangkut vaksin MR, silahkan saja datang ke kantor Diskes Pekanbaru ataupun puskesmas untuk segera diberikan penanganan," kata Plt Kepala Diskes Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy, Senin (27/8).

Dia menjelaskan, pasca penghentian sementara pemberian imunisasi vaksin MR di Pekanbaru sejak Jumat (24/8) lalu, hingga saat ini belum satupun sekolah yang mengajukan surat izin
untuk pemberian vaksin MR. Namun demikian, kalau ada Diskes siap melayani dengan melampirkan surat persetujuan dari orang tua siswa.

"Tapi sampai hari ini belum ada sekolah yang mengajukan permintaan vaksin ke kita. Memang sekarang kita tunda program imuniasi vaksin MR ini, tapi kalau ada yang sekolah meminta untuk dilakukan vaksin kita tetap layani," katanya.

Seperti diketahui, sejak 1 Agustus 2018 lalu, Diskes Kota Pekanbaru setiap hari rutin turun ke sekolah-sekolah untuk melakukan imunisasi vaksin MR sesuai arahan pemerintah pusat. Namun program tidak berjalan lancar pasca keluarnya fatwa haram MUI. 

Hingga saat ini realiasi pemberian vaksin MR di Pekanbaru, baru sekitar 10 persen dari target yang ditetapkan.

Dari 281 ribu anak yang menjadi target, sampai saat ini baru sekitar 28 ribu anak yang bersedia dan sudah dilakukan vaksin. Rendahnya realiasi pemberian vaksin tidak terlepas karena adanya pro dan kontra vaksin MR yang belum mendapat sertifikasi halal dari MUI.

Reporter: Suherman


Tags Kesehatan

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar