Pekanbaru

Anto Rachman: Gebu Minang Bukan Organisasi Paguyuban

Peserta rapat pleno pertama Gebu Minang Riau di Hotel Grand Centeral Pekanbaru

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Gebu Minang) bukanlah organisasi paguyuban tetapi organisasi yang fokus menggerakkan potensi ekonomi dan budaya orang Minang di perantauan. 

Hal itu disampaikan Ketua DPW Gebu Minang Provinsi Riau H. Arsadianto Rachman ketika memimpin rapat pleno pertama Gebu Minang Riau di Hotel Grand Centeral Pekanbaru, Kamis (30/8/2018)

''Intinya, Gebu Minang bukan organisasi paguyuban,'’ tegas Ketua DPW Gebu Minang Provinsi Riau H. Arsadianto Rachman didampingi Ketua Harian H.M. Tulus, Sekretaris Baikal dan Bendahara Roni Amriel.
       
Menurut Anto Rachman, demikian panggilan akrabnya, potensi warga Riau yang berasal dari Minang cukup besar. Apalagi di kota Pekanbaru, lebih separuh berasal dari Minang. Mereka umumnya bekerja sebagai pedagang dan swasta, sebagian kecil pegawai. 

'’Potensi ini perlu digerakkan dan mendapat perhatian,'’ ujarnya.
     
Sesuai dengan AD/ART Gebu Minang, organisasi ini bisa membentuk Badan Otonom untuk menggerakkan potensi tersebut. Misalnya, membentuk yayasan, koperasi, perseroan terbatas, sanggar kesenian dan kebudayaan serta lain-lain. 

'’Badan Otonom akan dibentuk sesuai kebutuhan,'’ kata Ketua Pemuda Pancasila Riau ini.
      
Selain membentuk Badan Otonom, menurutnya organisasi Gebu Minang juga akan dibentuk di seluruh kabupaten/kota. Tapi untuk Kota Pekanbaru akan langsung ditangani oleh DPW Gebu Minang Provinsi Riau. 

'’Kota Pekanbaru akan menjadi fokus kita karena potensi kita lebih besar di kota ini,'’ ujarnya.

Untuk menindaklanjuti rencana strategis tersebut, dalam waktu dekat akan dilaksanakan rapat kerja wilayah (Rakerwil) yang akan menyusun program kerja lima tahun ke depan. Dipercayakan sebagai ketua pengarah (SC) Roni Amriel dan ketua pelaksana (OC) Ali Suseno. 

Panitia pelantikan DPW Gebu Minang Riau Fendri Jaswir mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang sudah membantu, sehingga pelantikan Gebu Minang Riau, pada Minggu (26/8) malam lalu berjalan lancar dan meriah. 

‘’Ketua Umum Gebu Minang Bapak Oesman Sapta Odang sangat puas dengan penampilan kesenian Minang,'’ ujarnya menambahkan.


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar