Ekonomi

Rumah Zakat Berdayakan Masyarakat Bukit Batrem Lewat Pelatihan Jahit dan Bordir

Peserta pelatihan jahit dan bordir Rumah Zakat

RIAUMANDIRI.CO, DUMAI - Tim Pertamina TBBM Dumai meninjau aktivitas pelatihan jahit dan bordir di Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai, Riau, Kamis (31/8/2018). Peserta yang kebanyakan kaum ibu tampak antusias dan bersemangat. Mereka berkumpul melaksanakan pelatihan yang di dapat dari Rumah Zakat.

Ada peserta yang menunjukkan hasil karyanya kepada rombongan tim yang datang. Mereka merasa senang bisa difasilitasi dalam pelatihan ini. Maklum di antaranya para peserta kebanyakan kaum ibu yang hanya mengurus pekerjaan rumah tangga. 

Pelatihan jahit dan bordir ini berlangsung sejak Senin, 27 Agustus lalu. Ada 16 orang peserta dalam pelatihan ini. Mereka adalah kaum hawa yang berasal dari kelurahan Bukit Batrem. 

Para peserta mendapat fasilitas berupa empat unit mesin bordir manual dan beberapa unit mesin jahit. Kegiatan pelatihan jahit dan bordir diawali dengan penyampaian materi oleh pelatih yang merupakan salah satu pengusaha di bidang bordir di Dumai.

Pelatih bordir, Dedi mengatakan bahwa pada hari pertama mulai menjelaskan tentang mesin, fungsi, cara penggunaan serta cara merawat mesin bordir. Pengenalan ini wajib diberikan kepada para peserta karena di antaranya belum bisa mengoperasikan mesin bordir.

"Jadi lewat pelatihan ini kita berharap para peserta bisa menguasai teknik bordir. Serta bisa membuka peluang usaha sendiri," ulasnya, Jumat (31/8/2019).

Para peserta sudah mengikuti pelatihan selama empat hari. Mereka sudah belajar membuat pola-pola yang cantik dan rapi. Head Operation Pertamina TBBM, Alimuddin mengajak kaum ibu yang jadi peserta latihan untuk lebih semangat.

Ia berharap hasil karya peserta semakin baik. "Jadi kami berharap bisa menjalani pelatihan dengan optimal," paparnya


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar