Riau

Kecamatan Kubu Babussalam Raih Juara Umum MTQ Rohil

Kafilah Kecamatan Kubu Babussalam berhasil meraih Juara Umum MTQ Rohil XV tahun 2018.

RIAUMANDIRI.CO, BAGANSIAPIAPI - Kafilah Kecamatan Kubu Babussalam berhasil meraih juara umum pada ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XV tingkat Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau. Tahun lalu, keluar sebagai juara umum adalah Kecamatan Kubu.

"Bagi yang meraih juara pada malam ini hendaknya bersyukur kepada Allah SWT, mudah-mudahan dapat mempertahankan prestasi tersebut. Selanjutnya bagi yang belum meraih juara tentu adalah kemenangan yang tertunda," ujar Wakil Bupati Rohil Jamiludin usai menutup MTQ di Taman Budaya Batu Enam Bagansiapiapi, Jumat (31/8/2018) malam.

Para pemenang MTQ, kata dia, merupakan putra-putri terbaik Rohil dan tidak mengambil peserta dari luar daerah.

"Dulu banyak, kalau tidak salah pada tahun 2016 itu kita mengambil orang luar, tapi Alhamdulillah setelah itu hingga tahun ini kita manfaatkan putra-putri terbaik kita," katanya.

Jamiludin juga mengucapkan terima kasih kepada para camat atas partisipasinya dalam menyukseskan MTQ sehingga berjalan dengan baik dan lancar, begitu juga kepada seluruh panitia penyelenggara.

"Antusias dari pada kecamatan-kecamatan selama kegiatan MTQ yang dimulai dari pawai ta'aruf hingga penutupan malam ini saya nyatakan lancar dan sukses," katanya lagi.

Kecamatan Kubu Babussalam meraih juara umum dengan memperoleh nilai 80. Sementara kafilah Kecamatan Kubu berada di peringkat dua dengan nilai 69. Peringkat tiga diperoleh Bagan Sinembah nilai 38. Simpang Kanan tempat ke empat nilai 34. Peringkat kelima Tanah Putih dengan nilai 27.

Sedangkan peringkat keenam Kecamatan Rantau Kopar jumlah nilai 18. Balai Jaya berada di posisi ketujuh nilai 18. Peringkat delapan Pujud nilai 16. Rimba Melintang peringkat ke sembilan nilai 15, dan Pasir Limau Kapas nilai 13.

Camat Kubu Babussalam Ahmad Atin merasa bersyukur atas prestasi yang telah diraih. Menurut dia kemenangan tersebut merupakan berkat kerjasama masyarakat, instansi serta aparatur kepenghuluan dan dukungan kawan-kawan semua yang ada di Kecamatan Kubu Babussalam.

"2016 lalu kita pernah juga juara umum, 2017 kita juara II dan tahun ini kembali meraih juara umum," katanya.

Pihaknya akan terus berupaya meningkatkan pembinaan-pembinaan terhadap qari-qariah sehingga juara umum bisa dipertahankan.

"Alhamdulillah kami di Kubu Babussalam ada satu masjid sebagai tempat kegiatan pembinaan bagi anak-anak kita, baik itu tartil untuk anak-anak maupun tilawah anak-anak remaja, itu yang bisa kami lakukan. Insya Allah rencananya kami juga akan membuka tahfiz Alquran. Dalam waktu dekat juga kami akan melakukan musyawarah sehingga tahfiz Alquran ini bisa terwujud di Kubu Babussalam," tuturnya.

Sementara Anggota DPRD Rohil Abu Khoiri yang turut hadir dalam penutupan MTQ, juga mengucapkan terima kasih kepada Kecamatan Kubu Babussalam yang telah kembali meraih juara umum MTQ XV Rohil.

"Jadi ini merupakan sebagai cambuk bagi kami supaya kedepannya tidak hanya di tingkat kabupaten, mudah-mudahan juga nanti bisa berhasil ditingkat provinsi, tidak tertutup kemungkinan juga insya Allah ditingkat nasional," ujarnya.

Juara Lomba Pawai Taaruf   

Panitia juga mengumumkan pemenang juara lomba pawai taaruf MTQ XV Rohil yang diikuti oleh organisasi perangkat daerah (OPD) dan kecamatan. 

Adapun juara satu barisan miniatur OPD diraih oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, dengan nilai 674. Juara dua RSUD Pratomo Bagansiapiapi, nilai 664. Juara tiga Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, nilai 659. Juara harapan I Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, nilai 658. Juara harapan II Dinas Sosial, nilai 653 dan juara harapan III Dinas Lingkungan Hidup, nilai 652.

Sedangkan juara satu barisan Kecamatan dimenangkan oleh Kecamatan Pasir Limau Kapas, dengan jumlah nilai 686. Juara dua Sinaboi, nilai 678. Juara tiga Balai Jaya, nilai 666. Juara harapan I Kubu, nilai 662. Juara harapan II Simpang Kanan, nilai 648, dan juara harapan III Bagan Sinembah Raya, nilai 645. 

Penutupan MTQ XV Rohil malam itu turut dihadiri Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Didik Efendi, Kepala Kejaksaan Negeri Gaos Wicaksono, Sekretaris Daerah Surya Arfan, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Rohil Nur Ainun beserta pengurus, para Asisten, Kepala OPD, para Camat dan undangan lainnya. 


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar