Pekanbaru

Hearing dengan Komisi IV, Pemprov Riau Yakin Dua Flyover Beroperasi Awal Desember

Ketua Komisi IV DPRD Riau Husni Thamrin

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengklaim pembangunan dua flyover dan Jembatan Siak IV akan selesai tepat waktu. Khusus dua flyover, diyakini bisa diresmikan dan beroperasi awal Desember 2018 mendatang.

Demikian diungkapkan Ketua Komisi IV DPRD Riau Husni Thamrin usai hearing atau rapat dengar pendapat dengar Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Riau, Senin (3/9/2018). Adapun agenda hearing membahas pembangunan tiga infrastruktur itu.

Saat hearing, Dinas PUPR Riau meyakini dua flyover, yakni yang berada di simpang Mal SKA dan Pasar Pagi Arengka, akan diresmikan pada awal Desember mendatang.

"Pihak Dinas PUPR menggaransi kedua flyover itu akan selesai pembangunannya pada awal Desember itu," ujar Husni Thamrin.

Jika telah diresmikan, kata Husni, otomatis proyek itu sudah bisa langsung digunakan oleh masyarakat.

"Sementara, untuk kelanjutan pembangunan Jembatan Siak IV juga diyakini (Dinas) PUPR Riau akan selesai dengan persentase sebesar 98 persen pada akhir Desember 2018," lanjut Politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) itu.

Disebutnya, Jembatan Siak IV wajib selesai akhir Desember, dan Dinas PUPR Riau harus bertanggungjawab untuk itu. Kepada Komisi IV, Dinas PUPR mengatakan progres pekerjaan fisik Jembatan Siak IV hingga kini telah di atas target yang ditetapkan, bahkan  melebihi uang yang sudah diambil.

"Tinggal pemasangan box gilder jembatan. Jalau itu dipasang persentase penyelesaiannya besar, satu kabel satu persen," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Komisi IV DPRD Riau berharap agar Jembatan Siak IV yang menghubungkan kawasan Rumbai dengan Pekanbaru Kota itu diresmikan oleh Gubernur Riau saat ini, Arsyadjuliandi Rachman, atau Wakil Gubernur Wan Thamrin Hasyim. 

"Agar tidak ada lagi sebutan bagi Riau untuk membangun satu jembatan harus diselesaikan lima gubernur," imbuh Legislator asal Pelalawan itu.

Masih dikatakannya, Komisi IV akan turun meninjau langsung proyek-proyek itu pada pekan depan. Hal itu untuk memastikan apakah sesuai keterangan Dinas PUPR Riau dengan fakta di lapangan. 

"Sangat kecil kemungkinan untuk Jembatan (Siak IV) bisa dilanjutkan pembangunan kalau tidak selesai tahun ini. Flyover dan yang lain juga tidak bisa dilanjutkan kalau tidak selesai tahun ini," pungkas Husni Thamrin.


Reporter: Dodi Ferdian


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar