Riau

Kodim 0302 Inhu Ikut Dalam Pemecahan Rekor Muri Senam Gemu Fa Mire

Pelaksanaan senam Gemu Fa Mire di Inhu diikuti lebih kurang 700 orang sebagai bagian dari pemecahan rekor Muri. (Foto: RMC/Eka)

RIAUMANDIRI.CO, RENGAT - Memperingati HUT ke-73 Tentara Nasional Indonesia (TNI), Komando Distrik Militer (Kodim) 0302 Inhu menyelenggarakan senam gemu famire massal di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Rengat. Senam tetap dilaksanakan meskipun dalam guyuran hujan. 

Pelaksanaan senam ini merupakan  keikutsertaan atau partisipasi Kodim Inhu dalam rangka pemecahan rekor MURI, senam gemu famire massal ini juga dilaksanakan di sejumlah markas TNI di seluruh Indonesia.

Lebih kurang 700 orang ikut serta dalam pelaksanaan senam tersebut.  Selain anggota Kodim dari Inhu dan Kuansing,  juga diikuti ibu ibu Persit Candra Kirana,  Polri,  Satpol PP,  FKPPI Inhu, mahasiswa,  siswa SMP dan SMA,  PPM,  marga Thionghua dan masyarakat umum. 

Namun ada yang unik dari senam pada umumnya, ribuan peserta menggunakan pita ikat kepala dengan bendera merah putih.

"Terimakasih semua peserta yang berperan untuk turut serta. Kegiatan ini merupakan peringatan hari ulangtahun TNI yang ke -73," ujar Kasdim 0302 Inhu Kapten Inf S Nababan kepada Riaumandiri.co, Selasa (4/9/2018).

Menurut perwira menengah TNI ini,  pihaknya tidak menyangka peserta akan membludak karena sebelumnya hanya menargetkan 250 hingga 300 orang saja. 

Dijelaskannya,  perlu diketahui Gemu Fa Mi Re merupakan sebuah lagu yang berasal dari Maumere, Nusa Tenggara Barat. Lagu yang diciptakan Frans Cornelis Dian Bunda atau lebih dikenal dengan nama Nyong Franco itu menjadi fenomena baik di dalam dan luar negeri. Gemu Fa Mi Re memiliki irama musik yang riang dan rancak, tak heran bila kemudian Gemu Fa Mi Re cocok menjadi pengiring untuk bergoyang ataupun senam.

Sementara itu Kabag Ops Polres Inhu,  Kompol Ahmad Salmi mengatakan bahwa senam ini merupakan Famire ini merupakan budaya."Kita harus bisa menjaga aset ini,  jangan sampai ada klaim pihak lain,  karena Famire sudah merambah ke luar negeri,  tidak hanya di Indonesia saja dan TNI sudah melakukan itu,  tegasnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja,  Bobi Rahmat yang juga ikut serta dalam senam tersebut merasakan bangga bisa menjadi bagian dari pemecahan rekor Muri. "Apa yang dilakukan TNI ini sudah luar biasa, selain untuk kesehatan tentunya menjaga dan mensosialisasikan budaya bangsa dan bahkan tidak mungkin Indragiri Hulu akan juga bisa menciptakan hal serupa,  ungkapnya. 

Selain dari pelaksanaan senam,  kegiatan menyambut HUT TNI ini juga diisi dengan pelaksanaan bhakti sosial donor darah dan juga pengobatam gratis. 


Reporter: Eka Buana Putra


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar