Pekanbaru

Rektor Unilak Buka Peksimida Riau, Diikuti 10 Perguruan Tinggi

Rektor Universitas Lancang Kuning Dr Hj Hasnati foto bersama usai membuka Peksimida Riau 2018 yang diikuti oleh 10 Perguruan Tinggi di Riau di aula Pustaka Unilak

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Rektor Universitas Lancang Kuning Dr Hj Hasnati membuka Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) Riau 2018 yang diikuti oleh 10 Perguruan Tinggi di Riau di aula Pustaka Unilak, Pekanbaru, Rabu (5/9/2018).

Hadir dalam acara Peksimida ini Ketua BPSMI Dr Syapsan, Wakil Rektor I Dr Junaidi, Wakil Rektor II Erminasari, MSi, Wakil Rektor III Dr Eddy Asnawi, Direktur Pascasarjana Unilak Prof Dr Sudi Fahmi, jajaran dekan, wakil dekan, kepala lembaga, dosen, pimpinan perguruan tinggi, dan peserta Peksimida se-Riau.

Peksimida merupakan Pekan Seni Mahasiswa Daerah se-Riau yang dilaksanakan selama 3 hari, acara pembukaan dilakukan di Unilak dan penutupan, Jumat (7/9) di UIR.

Ketua Panitia Dr Eddy Asnawi saat memberikan sambutan mengucapkan terimakasih kepada Rektor Unilak yang mendukung Unilak sebagai tuan rumah, dan penutupan acara berlangsung di UIR dan selamat datang bagi seluruh peserta peksimida.

Eddy Asnawi menjelaskan Peksimida ini menjadi ajang silaturahmi sesama mahasiswa se-Provinsi Riau. Tema yang diangkat tahun ini merajut budaya nusantara. Adapun tujuan Peksimida sebagai wadah ekstrakurikuler melalui minat bakat mahasiswa, mengembangkan apresiasi seni untuk memperkaya budaya nusantara.

Rektor Unilak Dr Hj Hasnati saat membuka acara Peksimida. 

"Alhamdulillah Unilak baru pertama kali menyelenggarakan Peksimida sebagai tuan rumah. Dari jumlah peserta yang mendaftar ada 10 perguruan tinggi, dan jumlah mahasiswa ada 130 orang, dengan memperlombakan 15 tangkai cabang. Selamat kepada duta perguruan tinggi yang akan berkompetisi dan bersilaturahmi, terima kasih kepada tim juri dari profesional dan akan bekerja objektif," ujar Eddy.

Para pemenang Peksimida nantinya akan diutus mewakili Riau dalam Peksiminas yang dilaksanakan Oktober di Yogyakarta.

Sementara itu Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia(BPSMI) Riau D Syapsan saat memberikan sambutan menyebutkan, Peksimida diadakan 2 tahun sekali, sebagai wadah untuk meningkatkan prestasi dibidang seni dan meningkatkan silaturahmi antar perguruan tinggi, dan mampu bertukar pikiran berbagi kemampuan antar peserta. 

Ia pun berpesan agar para  juri betul-betul memilih pemenang yang terbaik. "Karena ini akan dikirim ke nasional dan membawa nama Riau, tidak lagi nama perguruan tinggi," ujarnya.

Pembukaan Peksimida berlangsung pukul 10.00 WIB pagi dan dibuka oleh Rektor Unilak. Dalam sambutannya Rektor mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta di Unilak. Mudah mudahan dalam Peksimida ini silaturahmi antara perguruan tinggi dapat bersinergi dan bahu membahu untuk meningkatkan kualitas mahasiswa.

"Untuk yang menang selamat, untuk yg kalah kami turut bangga karena menjadi peserta mewakili perguruan tinggi," pesan Rektor Unilak.

Beberapa universitas yang turut serta di antaranya Unilak, UIR, Unri, UMRI, STIKES Hang Tuah dan lain-lain.


Tags

[Ikuti Riaumandiri.id Melalui Sosial Media]





Tulis Komentar