Riau

Pembukaan MTQ Bengkalis Meriah, Disaksikan Ribuan Masyarakat 

Penekanan tombol sirene oleh Bupati didamping Asisten I Setda Provinsi Riau dan sejumlah pejabat Bengkalis.

RIAUMANDIRI.CO, SUNGAI PAKNING - Pembukaan MTQ ke-43 tingkat Kabupaten Bengkalis oleh Bupati Amril Mukminin di halaman kantor terpadu Kecamatan Bukitbatu, berlangsung meriah.

Ribuan masyarakat dari Kecamatan Bukit Batu, bahkan dari Kecamatan Siak Kecil dan Bandar Laksamana serta utusan kafilah menyaksikan pembukaan MTQ ke-43 Tingkat Kabupaten Bengkalis.

Tepat pukul 21.58 WIB, Sabtu (22/9/2018) malam, MTQ secara resmi dinyatakan dibuka oleh Bupati. Penekanan tombol sirene oleh Bupati didamping Asisten I Setda Provinsi Riau tepat pukul 22.02 WIB.

Ditimpali oleh letusan kembang api. Dilanjutkan lantunan musik Islami bertemakan tentang iqra (bacalah). Dilanjutkan dengan penaikan bendera LPTQ dan bendera 11 kafilah kecamatan dan 1 kafilah dari LPTQ  Bengkalis, sekitar pukul 22.15 WIB.

Sebelum penekanan tombol, di awal acara disuguhkan dengan suara emas qori jemputan yakni juara harapan 2 MTQ Nasional di Ambon dan utusan Riau pada MTQ Internasional di Istiqlal Jakarta tahun 2018.

Kemudian qori jemputan yang kedua Abdul Rahman Atan, utusan Riau pada MTQ nasional yang akan berlangsung di Medan tahun ini serta utusan Riau pada MTQ Internasional di Malaka tahun 2015.

Adapun ayat yang dibacakan Qori jemputan yakni surah Al-Hasyr ayat 21-22 dan surah Al-Kautsar ayat 1-3.

Acara pembukaa dihadiri Gubernur Riau yang diwakili Asisten I Setda Provinsi Riau H Ahmad Syah Harrofie, Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis Kasmarni Amril, Kapolres Bengkalis Yusup Rahmanto, Dandim 0303 Bengkalis Letkol Inf Timmy Prasetyo, Sekda Bengkalis H Bustami HY dan sejumlah pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkalis.

Camat Bukitbatu, Mulyadi dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas ditunjukknya Kecamatan Bukitbatu sebagai tuan rumah MTQ ke-43 tingkat Kabupaten Bengkalis.

"Semoga kepercayaan yang telah diberikan menjadi pengalaman terbaik dalam melaksanakan momen dalam skala lebih besar di tahun yang akan datang," ungkap Mulyadi.

Mulyadi menambahkan sebagai tuan rumah, Kecamatan Bukitbatu bertekad untuk menjadi yang terbaik, meskipun dalam pelaksanaan terdapat kekurangan, kami haturkan permohonan maaf.

Sementara Ketua Panitia Pelaksanan MTQ ke-43 tingkat Kabupaten Bengkalis, H Heri Indra Putra mengatakan peserta MTQ tahun ini dilaksanakan selama delapan hari sejak tanggal 22 September hingga 30 September 2018.

Adapun jumlah peserta MTQ tahun ini sebanyak 411 orang yang terdiri dari, Kecamatan Bengkalis 44 orang, Kecamatan Bantan 38 orang, Kecamatan Bukitbatu 50 orang, Kecamatan Siak Kecil 44 orang, Kecamatan Mandau 31 orang, Kecamatan Pinggir 43 orang, Kecamatan Rupat 40 orang, Kecamatan Rupat Utara 40 orang, Kecamatan Bandar Laksamana 28 orang, Kecamatan Bathin Solapan 30 orang, Kecamatan Talang Muandau 10 orang dan utusan LPTQ Kabupaten Bengkalis sebanyak 13 orang.

Nilai Keagamaan

Bupati Bengkalis Amril Mukminin dalam sambutannya mengatakan  pelaksanaan MTQ ini menjadi sarana pembelajaran dan evaluasi bagi kemajuan masyarakat dalam menghayati dan mengamalkan nilai-nilai keagamaan.

“Pemahaman dalam membaca dan menulis Alquran secara baik dan benar. Akan tetapi, yang menjadi lebih penting adalah mendorong semua masyarakat secara swadaya dan mandiri  untuk melakukan berbagai kegiatan nyata dalam memberantas buta aksara Alquran di Negeri Junjungan,” ungkap Bupati. 

Reporter: Usman Malik


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar