Riau

Manfaatkan Pamsimas Demi Menjaga Kesehatan Lingkungan Masyarakat

RIAUMANDIRI.CO, BANGKINANG - Pemerintah Kabupaten Kampar memberikan apresiasi kepada dinas terkait atas dimanfaatkannya kembali Pamsimas demi menjaga kesehatan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar Yusri saat membuka acaraa pelatihan bagi kader AMPL (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) dan review RAD-AMPL (Rencana Aksi Daerah Air Minum dan Penyehatan Lingkungan) di aula Taman Rekreaksi Stanum Bangkinang Kota, Senin (12/11/2018). Pelatihan ini diikuti oleh 41 peserta workshop review.

Yusri menyampaikan kader AMPL harus menjadi agency untuk review workshop dan pelatihan kader AMPL, karena sesungguhnya program air bersih adalah program nasional untuk seluruh masyarakat. 

"Kalau dilihat dari sisi kesehatan, ketersediaan akan air bersih sangat penting dan sangat berpengaruh bagi kesehatan masyarakat," ujarnya.

Disampaikan Yusri, Kabupaten Kampar sudah sangat banyak penambang liar yang beroperasi di pemukiman padat penduduk dan berakibat buruk terhadap ketersediaan air di sumur-sumur masyarakat sekitar penambangan. Untuk itu kesadaran penambang juga sangat dibutuhkan karena jelas-jelas akan merugikan masyarakat banyak. 

Hal ini akan sangat sering terjadi ketika musim kemarau, sumur warga jadi kering dan masyarakat sangat sulit mendapatkan air bersih.

“Untuk itu kami sangat memberikan  apresiasi terhadap pemanfaatan kembali Pamsimas ini, jangan hanya bangunan tugu saja yang ada, tapi harus dimaksimalkan dengan penyaluran langsung ke rumah-rumah masyarakat yang membutuhkan dengan bantuan kader profesional dari pamsimas, hingga di tahun-tahun mendatang, seluruh masyarakat sudah bisa menikmati air bersih dengan sebaik-baiknya," harap Yusri.

Terkait dengan workshop review RAD-AMPL, tahapan ini sangat penting, terutama dalam menghadapi perubahan lingkungan yang dinamis. Apalagi dalam era globalisasi, sebuah perencanaan harus mengandalkan prosedur yang rasional dan sistematis, bukan hanya berdasarkan dugaan semata.

Kemudian dengan perencanaan yang baik akan memberikan kemudahan untuk melihat program apa saja untuk meningkatkan kemungkinan tercapainya tujuh dari penyelenggaraan urusan  pemerintah daerah untuk mensejahterakan masyarakat.

“Kami sangat berharap kepada seluruh kader agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, jangan di sia-siakan  agar ditahun-tahun kedepan masyarakat bisa menikmati air bersih dengan baik,” harap Yusri.


Reporter: Herman Jhoni


[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar