Riau

HM Wardan Pimpin Apel Gelar Senja Kwarcab 04.02 Gerakan Pramuka Inhil

HM Wardan Pimpin Apel Gelar Senja Kwarcab 04.02 Gerakan Pramuka Inhil

RIAUMANDIRI.CO, TEMBILAHAN - Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, HM Wardan selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) memimpin Apel Gelar Senja Kwartir Cabang 04.02 Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil di halaman rumah dinas Bupati, Jalan Kesehatan Nomor 1 Tembilahan, Senin (14/1/2019).

Dalam Apel Gelar Senja perdana pada tahun 2019 ini, HM Wardan bertindak sebagai Pembina. Apel Gelar Senja ini diikuti oleh Sekretaris Daerah Kabupaten H Said Syarifuddin, segenap pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten, Dewan Andalan Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten dan anggota pramuka dari sejumlah Kwartir Ranting dan Gugus Depan Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil.

Dalam amanat yang disampaikan HM Wardan, Apel Gelar Senja merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin setelah digagas sejak tahun 2014 silam.

"Namun, dalam beberapa bulan terakhir Saya tidak mendiami kediaman dinas karena berpartisipasi pada gelaran Pilkada, maka selama 11 bulan Saya tidak mengikuti perkembangan kegiatan apel gelar senja," tukas Wardan.

Hari ini, dikatakan Bupati, setelah menempati kediaman dinas, dirinya baru kembali dapat mengikuti Apel Gelar Senja dengan segenap jajaran pengurus dan anggota Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil.

Bupati pada kesempatan itu, juga sedikit bernostalgia mengenang masa lalunya saat menjadi anggota pramuka, dimana di kala itu setiap hari minggu, Bupati kecil senantiasa melihat berbagai kegiatan kepramukaan yang dilaksanakan Gugus Depan dan dikoordinir Kwartir Cabang serta Kwartir Ranting.

"Mulai dari Hiking, perjusami, persami dulu sering Saya lihat. Kegiatan seperti itu harus ditingkatkan lagi," ungkap Bupati.

Bukan tanpa alasan, kenangan tentang pramuka di masa silam, diungkapkan Bupati menjadi salah satu alasannya saat mencanangkan Kabupaten Inhil sebagai 'Kabupaten Pramuka'.

"Cita-cita itu jangan sampai dianggap sebagai retorika atau slogan semata, tapi kedepan dapat benar-benar direalisasikan," pungkas Bupati.

Guna memupuk dan mendorong semangat berkegiatan, khususnya dalam mengikuti Apel Gelar Senja, Bupati menyarankan kepada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil agar menerapkan sistem reward terhadap siapa saja anggota yang aktif berpartisipasi.

"Termasuk juga kepada Gugus Depan yang pro aktif menggelar kegiatan kepramukaan. Gugus Depan dan pramuka secara keseluruhan juga yang di Kecamatan tolong turut diaktifkan berkegiatan sama-sama," imbau Bupati.

Selanjutnya, Bupati mengucapkan selamat kepada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Inhil atas kembali terselenggaranya Apel Gelar Senja yang telah cukup lama terhenti.

"Selamat juga atas prestasi yang berhasil diraih selama ini. Tetap laksanakan kegiatan, bahkan tingkatkan lagi intensitas penyelenggaraan kegiatannya sehingga predikat Kabupaten Inhil sebagai 'Kabupaten Pramuka' dapat diraih," kata Bupati sembari berharap.

Ketua Kwartir Cabang 04.02 Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil, Junaidi mengatakan bahwa Apel Gelar Senja merupakan kegiatan rutin Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil.

"Memulai tahun 2019, kita awali rangkaian kegiatan Gerakan Pramuka dengan Parade Senja (Apel Gelar Senja, red) ini," tutur Junaidi yang juga merupakan Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Inhil itu.

Sebagaimana yang dikatakan oleh Ketua Majelis Pembimbing Cabang, Bupati Kabupaten Inhil, diungkapkan Junaidi, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Inhil kedepan akan berupaya meningkatkan kegiatan Apel Gelar Senja.

"Kalau hari ini kita baru melibatkan Gugus Depan dari Kwaran Tembilahan dan Tembilahan Hulu, kedepan kita akan coba melibatkan Kwaran se-Kabupaten Inhil sebagai pelaksana Apel Gelar Senja," tukas Junaidi.

Lebih lanjut, Junaidi berharap, dengan adanya penyelenggaraan Apel Gelar Senja dapat menumbuhkan patriotisme, nasionalisme serta rasa kebersamaan setiap kader Pramuka Kabupaten Inhil.

"Tentunya, pada Apel Gelar Senja yang perdana dilakukan pada tahun 2019 ini, kami sangat mengapresiasi Kamabicab, Bupati Kabupaten Indragiri Hilir, Bapak H Muhammad Wardan yang langsung bertindak sebagai Pembina Upacara," tandas Junaidi.(adv)


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar