Politik

Di Rokan Hulu, Prabowo-Sandi Unggul di 12 Kecamatan, Jokowi-Amin 4

Ketua KPU Rokan Hulu menyerahkan form DB1 kepada saksi paslon nomor 1 

RIAUMANDIRI.CO, PASIRPENGARAYAN - KPU Rokan Hulu (Rohul) telah menyelesaikan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Perol‎ehan Suara Pemilu tahun 2019 tingkat Kabupaten Rohul, di Hotel Sapadia, Sabtu (4/5/2019) subuh.

Berdasarkan form DB1 ditandatangani dua saksi calon Presiden dan Wakil Presiden, pasangan nomor urut 2 Prabowo‎ Subianto-Sandiaga Uno unggul di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, dengan meraih 160.064 suara.

Pasangan Nomor Urut 2 ini berjaya di Kecamatan Tambusai, Rambah Hilir, Rambah, Rambah Samo, Bangun Purba, Kepenuhan, Kepenuhan Hulu, Pagaran Tapah Darussalam, Ujung Batu, Kabun, Pendalian IV Koto dan Rokan IV Koto.

Sedangkan pasangan‎ nomor urut 1 Joko Widodo-Ma'aruf Amin meraih 112.839 suara.

Pasangan ini meraih suara terbanyak di empat kecamatan, yakni di Kecamatan Tambusai Utara, Bonai Darussalam, Kunto Darussalam, dan Kecamatan Tandun.

Berdasarkan form DB1 ditandatangani saksi dari calon nomor urut 1‎ yakni Hj. Sumiartini dan saksi dari calon nomor urut 2 yakni Abdul Hasanal, suara sah pemilihan calon Presiden dan Wakil Presiden 272.903 suara, suara tidak sah 3.552, dan suara sah dan suara tidak sah 276.455.

‎Menanggapi hasil perolehan suara, saksi dari calon nomor urut 1, Sumiartini mengungkapkan, pihaknya dari awal sudah prediksi untuk perolehan suara pasangan Jokowi-Amin di Kabupaten Rohul.

Walaupun demikian, tambah politisi PDI Perjuangan ini, pasangan Jokowi-Amin masih meraih suara terbanyak di daerah-daerah eks transmigrasi yang ada di Kabupaten Rohul.

Sumiartini mengaku, di rapat pleno tingkat kabupaten‎ pihaknya tidak mengajukan sanggahan. Menurutnya, hasil rekapitulasi sama dengan rekapitulasi suara yang dilakukan di tingkat desa dan kecamatan.

"Kita yakin meski kalah di Rohul, Jokowi-Amin meraih suara terbanyak di tingkat nasional," sebutnya.

Sumiartini menambahkan, hasil rekapitulasi suara secara nasional masih belum diketahui. Untuk menjaga situasi aman dan kondusif, pihaknya tetap menunggu pengumuman resmi dari KPU RI.

"Kita tunggu saja, apapun yang ditetapkan oleh KPU RI kita terima, itulah yang sebenarnya," jelasnya.

Sementara, Abdul Hasanal selaku saksi dari calon pasangan nomor urut 2‎ mengatakan perolehan‎ suara Prabowo meningkat di Pemilu 2019, dibandingkan perolehan suara di Pemilu 2014.

"Kita mengharapkan perolehan suara Prabowo-Sandi bukan hanya‎ terbanyak saja di Kabupaten Rokan Hulu, tapi turut tinggi di tingkat nasional," pungkasnya.


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar