Politik

Pelaksanaan Pemilu Dituding Curang, Ini Tanggapan KPU Riau

Ketua KPU Provinsi Riau, Ilham Muhammad Yasir

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU - Ketua KPU Provinsi Riau, Ilham Muhammad Yasir menanggapi santai aksi super damai yang menyorot berbagai persoalan Pemilu 2019 di Riau.

"Kami secara terbuka menyambut, kemarin juga ada demo dari mahasiwa kami temui. Tadi kan kami menunggu, kebetulan kami anggora tinggal berdua, anggota lain sedang di Bengkalis. Awalnya kan informasi akan datang ke kantor KPU kami siap, dan akhirnya juga di depan (kantor KPU) kami siap," kata Ilham, Jumat (17/5/2019).

Disinggung mengenai tanggapannya terkait tuduhan massa dari GMMK bahwa KPU melakukan kecurangan, ia mengatakan bahwa saat ini rekap berjenjang sedang berjalan dari tingkat bawah sampai atas.

"Kalau dibilang curang atau tak curang itu bisa dilihat di dokumen kita, dokumen kita terbuka, bisa diklarifikasi oleh peserta Pemilu. Saya contohkan, pada rekap kemarin, ada tuduhan curang di suatu TPS di Rohul, dan hasil rekap kemarin Bawaslu rekomendasikan menghadirkan kotak itu, kita hadirkan dalam sidang pleno dan ternyata tak ada masalah," tegasnya.

Ia mengatakan bahwa situng merupakan transparansi KPU untuk masyarakat luas karena pada pemilu sebelumnya tidak ada menggunakan situng.


[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar