Riau

Gubri Usul Bandara SSK II Direlokasi, Dewan Minta Lanud yang Dipindahkan

Wakil Ketua Komisi I DPRD Riau, Taufik Arrakhman

RIAUMANDIRI.CO, PEKANBARU – Gubernur Riau melakukan pertemuan dengan Menteri Perhubungan RI. Salah satunya membahas rencana relokasi Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru.

Saat ini Bandara SSK II tersebut berada di areal Lanud Roesmin Nurjadin yang berada di pusat kawasan pemukiman di Pekanbaru.

Menanggapi wacana tersebut, Wakil Ketua Komisi I DPRD Riau, Taufik Arrakhman, justru menanggapi berbeda. Ia melihat bahwa yang justru harus dipindahkan adalah Lanud Rsn bukan bandara.

"Ada banyak faktor yang menyebabkan pemindahan Lanud lebih rasional dibandingkan pemindahan bandara komersil," ujar Taufik, Rabu (3/7/2019).

Pertama, Taufik melihat dari sisi aset negara yang ada di Lanud Roesmin Nurjadin. Ia melihat bahwa Lanud memiliki perlatan yang bernilai ekonomis tinggi dan juga persenjataan yang mematikan. Keberadaannya di pusat keramaian masyarakat menurutnya sangat beresiko.

"Untuk itu kita lebih sarankan yang dipindahkan adalah Lanud," kata Taufik.

Selanjutnya, pemindahan bandara ke luar Pekanbaru juga dianggap tidak strategis. Karena ini akan menyulitkan pengguna jasa angkutan udara dalam segi aksesibilitas. 
"Kalau jauh, justru mempersulit masyarakat. Ini terjadi di beberapa daerah di Indonesia," kata Taufik.

Untuk pemindahan ini sendiri, Taufik juga mengatakan dapat dikomunikaskan dengan pihak terkait. Sehingga prosesnya dapat berjalan dengan lancar.


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar