Riau

Dishub Pelalawan Terapkan Layanan KIR Non Tunai

Dishub Pelalawan Terapkan Layanan KIR Non Tunai

RIAUMANDIRI.CO, Pangkalan Kerinci - Dinas Perhubungan Kabupaten Pelalawan saat ini merapkan terobosan baru dalam memberikan pelayanan, yakni penerapan layanan online atau transaksi secara non tunai. Fasilitas ini diberikan kepada masyarakat khusus untuk pengurusan KIR.

Pelayanan non tunai ini diberikan pada masyarakat guna mempermudah pengurusan kendaraan mereka. Transaksi ini bisa dilakukan hanya dengan nasabah pemegang kartu debit bank Mandiri saja dan e-money. Layanan ini terealisasi karena ada kerjasama PT. Bank Mandiri,Tbk Pangkalan Kerinci dengan Dishub kabupaten Pelalawan.

Dikatakan oleh Kepala Cabang PT.Bank Mandiri Pangkalan Kerinci. Alwi Reza Nasution saat launching Implementasi Pembayaran Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor Secara Non Tunai Menggunakan E-Money dan Mandiri Debet di Kantor Dinas Perhubungan Pangkalan Kerinci, Selasa (2/7/2019) malam, kerjasama tersebut adalah salah satu trobosan yang di lakukan oleh Dinas Perhubungan, dan layanan ini pertama kalinya di Provinsi Riau dengan cara bertransaksi secara non tunai bagi masyarakat pemegang debet card atau e-money dengan menggandeng bank swasta setempat yakni Bank Mandiri.

Dengan terwujudnya kerja sama pelayanan kemudahan pengurusan KIR dengan melibatkan pihak bank swasta, Bupati Pelalawan H.M.Harris sangat menyambut baik adanya terobosan ini. 

Menurutnya, pembayaran secara non tunai yang diterapkan saat bertransaksi dinilai sangat mempermudah pelayanan kepengurusan untuk pelayanan pengujian kendaraan bermotor khususnya di Kabupaten Pelalawan.

Harris juga berharap cara ini akan merubah pola pikir dan integritas petugas untuk tidak lagi melekat “uang jasa“ dalam memberikan pelayanan kepengurusan, dan pastinya dapat menghambat serta mempengaruhi sumber penerimaan karena kurangnya kesadaran masyarakat.

"Dengan pelayanan yang sudah baik ini diharapkan nantinya akan menambah Pemasukan Asli Daerah (PAD) dan kita harapkan juga OPD lain bisa menerapkan pola demikian serta memberikan pelayanan yang sopan dan santun serta tegas sesuai aturan yang berlaku.

Sedangkan Ketua Ikatan Pengujian Kendaraan Bermotor Indonesia (IPKBI) Provinsi Riau Azrial mengatakan, selama ini pembayaran retribusi tidak pernah dilakukan secara non tunai, oleh karena itu pihaknya menyambut baik kemajuan untuk pelayanan pembayaran yang dilakukan secara non tunai, dan baru pertama kali di lakukan di Provinsi Riau.

"Ini nenunjukan sebagai kemajuan di bidang pengujian kendaraan bermotor dan ini adalah dukungan kita terhadap arahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menghindari adanya korupsi dan kolusi yang dilakukan oleh oknum petugas." ungkapnya.

Reporter: Supendi


Loading...

[Ikuti Riaumandiri.co Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar